Skip to main content

Mengenal Keputihan lebih Jauh dan Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Keputihan merupakan salah satu kondisi yang paling sering dirasakan oleh perempuan. Keputihan adalah kondisi alami dimana area kewanitaan melakukan sekresi untuk melindungi vagina dari iritasi atau infeksi. Namun, banyak perempuan yang merasakan keputihan sebagai suatu masalah karena akan menimbulkan sensasi tidak nyaman di area vagina. apa sebenarnya keputihan itu? Adakah cara menghilangkan secara alami? Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas apa itu keputihan dan juga cara menghilangkan keputihan secara alami.

Keputihan Normal Vs Abnormal

Keputihan sebenarnya adalah kondisi alami yang akan dialami oleh semua wanita. Hal ini terkait dengan  kondisi keputihan normal (fisiologis). Keputihan normal akan ditandai dengan keluarnya lendir dari vagina. Fungsi dari lendir itu adalah untuk menjaga kebersihan organ intim wanita dari bakteri ataupu hal lainnya. Keputihan normal biasanya akan dialami oleh wanita pada setiap bulan, baik itu sebelum menstruasi, sesudah menstruasi, ataupun selama masa subur. Dari pengertian di atas, keputihan menjadi sangat berguna bagi wanita.

Namun, keputihan juga mempunyai kondisi abnormal (patologis). Keputihan abnormal adalah kondisi dimana vagina mengalami infeksi. Keputihan abnormal biasanya ditandai dengan sensasi gatal yang dirasakan di area vagina disertai dengan keluarnya bau tidak sedap dari lendir yang keluar. Lendir yang keluarpun biasanya akan berbeda dengan lendir yang dijumpai pada keputihan normal. Pada keputihan abnormal, lendir akan berwarna kuning kecoklatan. Keputihan abnormal juga biasanya disertai dengan raya nyeri atau perish pada area vagina, terutama saat buang air kecil. Keputihan abnormal kadang juga menjadi gejala suatu penyakit tertentu. Keputihan abnormal biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, ataupun parasit. Hal ini sering dipengaruhi oleh faktor kebersihan, seperti pengunaan WC umum yang kotor, kurang menjaga kebersihan vagina, dan pola hidup tidak sehat.

Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Setelah mengetahui apa itu keputihan, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan keputihan, khususnya pada kasus keputihan abnormal? Ada beberapa produk yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan abnormal. Namun, beberapa orang juga kadang ragu untuk menggunakan obat keputihan tersebut, apakah akan menimbulkan efek samping. Untuk kamu yang kuatir dengan hal tersebut, menghilangkan keputihan secara alami menjadi solusi yang terbaik. Mengatasi keputihan secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari alam. Karena bahan-bahan tersebut alami, maka kamu tidak perlu dengan efeknya terhadap tubuh.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan keputihan secara alami:

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami dari alam yang berkhasiat untuk menghilangkan keputihan abnormal. Kunyit memiliki zat anti-bakteri yang secara alami dapat membunuh bakteri yang menjadi salah satu penyebab munculnya keputihan abnormal. Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit  setiap harinya.

Caranya:

  • Bersihkan 2 buah kunyit dari kotoran dan kulitnya
  • Parut
  • Hasil parutan kunyit itu diperas dengan menambahkan
  • Tambahkan madu satu sendok makan.

Dengan meminum air perasan kunyit itu selam dua kali sehari secara rutin, maka keputihan abnormal akan segera teratasi.

2. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya sebagai bahan alami yang dapat mengatasi masalah keputihan abnormal pada wanita. Bahkan resep obat alami menggunakan bawang putih sudah menjadi resep turun temurun. Bawang putih mengandung anti-bakteri dan anti-jamur yang dapat mengobati keputihan abnormal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Secara rutin mengkonsumsi bawang putih dapat menghambat bakteri dan jamur untuk menginfeksi vagina. Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih dengan banyak cara. Cara yang paling sederhana adalah dengan memakannya begitu saja.

3. Daun Sirih

Daun sirih menjadi salah satu bahan alami paling populer untuk mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan vagina, salah satunya adalah keputihan. Daun sirih mengandung anti bakteri dan jamur yang berguna untuk mengatasi keputihan. Caranya sangat mudah. Kamu hanya harus merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air, setelah itu anda harus meminum air rebusannya.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan keputihan secara alami. Secara rutin mengkonsumsi bahan- bahan alami tersebut dapat membantu kamu menghilangkan dan mencegah keputihan abnormal. Semoga dengan cara tersebut, kamu segera terbebas dari masalah keputihan.

One thought on “Mengenal Keputihan lebih Jauh dan Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!