Skip to main content

Ini Dia Cara Menyembuhkan Keputihan

Cara menyembuhkan keputihan¬†–¬† Walaupun sebenanrya keputihan adalah masalah yang masih dianggap normal. Namun dalam keadaan tertentu, keputihan juga kadnag membuat anda menjadi tidak nyaman dan menjadi resah. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah keputihan?

Keputihan sendiri sebenarnya adalah masalh yang sangat normal karena apdad asarnya bagian dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang bisa memproduksi cairan yang digunakan untuk menjaga kesehatan organ intim dari wanita. Untuk jenis keputihan normal biasanya adalah berwarna putih susu, jernih dan juga tidak berbau. Untuk kadar cairan juga akan meningkat pada masa tertentu. Misalnya pada saat anda sedang masa menyusui, saat melakukan hubungan seks dan saat masa mesntuasi.

Cara Menyembuhkan Keputihan

Jika terjadi keputihan yang normal maka memang tidak lagi diperlukan penanganan secara khusus. Yang harus petimbangkan adalah ketika keputihan menjadi tidak normal. dimana perubahan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Bisa jadi karena bakteri, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular, kanker serviks, infeksi dan jamur. Dan tanda keputihan yang tidak normal maka ada perubahan dari warna dan konsistensi dimana ada bau dan juga rasa gatal dan juga agak nyeri. Jika demikian maka ada beberapa cara menyembuhkan keputihan diantranya adalah :

  • Anda bisa melakukan proses kompress dengan menggunakan es atau air dingin dengan tujuan untuk meredakan gatal dan juga pembengkakan yang terjadi.
  • Anda juga harus mengkonsumsi yogurt jika anda memang sedang dalam proses pengobatan antibiotik sehingga nantinya bisa menurunkan kemungkinan adanya resiko terkena masalah infeksi dari jamur.
  • Anda bisa menggunakan krim atau anda bisa menggunakan gel dengan antijamur jika memang masalah keputihan yang anda alami menyebabkan infeksi jamur.
  • Anda bisa menggunakan kondom atau anda bisa tunda untuk melakukan hubungan seksual hingga satu minggu setelah anda melakukan proses pengobatan.
  • Jika masalah keputihan yang tidak normal masih berlangsung setidaknya hingga lebih dari waktu satu minggu saat setelah anda melakukan proses pengobatan maka anda wajib untuk melakukan proses pemeriksaan ke dokter.

Jika masalah keputihan memberikan tanda bahaya, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Dimana nantinya dokter akan memberikan proses penangan khusus berdasakan dengan apa yang menyebabkan keputihan anda. Tanda dari keputihan yang berbahaya ini juga biasanya ditandai dengan :muncul yang cukup menyengat, gatal dan kemerahan, adanya pendarahan dan bercak diluar masa anda menstruasi, keputihan yang berubah warna hijau, keputihan yang menjadi tebal dan juga agak lengket.

Tips Cara Menyembuhkan Keputihan Yang Tidak Normal

Untuk bisa menghindair terjadinya masalah keputihan yang tidak normal, maka ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya. Beberapa diantaranya adalah :

  • Cobalah untuk menjaga vagina agar selalu tetap kering dan tidak mengalami lembab. Dimana langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengeringkannya saat setalah buah air kecil. Jaga agar vagina tetap kering juga anda bisa lakukan dengan menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat, tidak terlalu sering untuk menggunakan stoking
  • Lalu cobalah untk menggunakan celana dalam dengan bahan yang katun, bukan sintesis. Karena celana dalam dengan bahan katun memungkinkan lebih banyak mendapatkan udara ke vagina anda dan mencegah terjadinya kelembaban
  • Cobalah untuk tidak menggunakan celana dalam pada saat anda sedang tidur
  • Pada saat setelah BAB atau BAK usahakan untuk membasuh kemaluan dari depan ke belakang Vagian adalah bagian organ yang sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri. Karena jika anda menggunakan cairan pembersih vagina sebenarnya justru membuat keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya menjadi tidak seimbang dan munculnya banyak bakteri. Anda bisa bisa membersihkan vagina dengan cara menggunakan air hangat dengan sabun yang tidak memiliki aroma yang kuat. Namun jika perlu sebisa mungkin menggunakan air hangat saja.
  • Cobalah untuk tidak menggunakan parfum, bedak dan jenis lainnya pada vagina. Karena penggunaan bahan ini bisa membuat nyeri pada bagian vagina dan hal ini bisa menyebabkan keputihan anda menjadi tidak normal. Untuk itu hindari penggunakan parfum, bedak, sabun dll sebagai¬†cara menyembuhkan keputihan.

2 thoughts on “Ini Dia Cara Menyembuhkan Keputihan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!