Skip to main content

Cara Mencegah Keputihan Yang Tidak Normal

Pada dasarnya banyak sekali wanita yang mengeluh dan mencari cara mencegah keputihan. Banyak wanita yang merasa tidak nyaman, merasa bau, dan kadang – kadang ada rasa perih. Tapi tahukah anda sebenarnya keputihan ini bisa terjdi karena faktor kebiasaan. Dan salah satunya adalah masalah pada kebersihan di area vagina.

Wanita biasanya sangat peduli dengan hal – hal yang menyangkut kebersihan bahkan termasuk didalamnya adalah penampilan. Tidak ada wanita yang tidak mandi, bahkan tak jarang sering ditemukan wanita yang mandi dalam waktu yang lama. Bahkan seperti yang kita tahu juga jika wanita sangat telaten dalam membersihkan sisa make up dari wajah. Namun keahlian dalam membersihkan wajahnya mungkin belum diterapkan dalam membersihkan organ kewanitaanya.

Dan salah satu contohnya adalah mungkin ada banyak wanita yang tidak mengeringkan vaginanya saat setelah buang air kecil. Setelah membasuhnya banyak wanita yang langsung mengenakan celana dalamnya. Maka hal ini tentu saja mengakibatkan bagian dari celana dalam ikutan basah. Akibat yang ditimbulkan adalah bagian menjadi berada dalam keadaan yang lembab.

Wanita juga harus tahu jika bagian organ intim dari wanita adalah bagian sangat sangat sensitif dalam keadaan tertentu. Hal ini karena letakknya yang cukup tertutup dan tersembunyi. Sehingga vagina biasanya memerlukan keadaan yang sangat kering. Dimana jika vagina dalam keadaan yang lembab maka pada akhirnya mengakibatkan berkembangnya jamur dan juga bakteri. Dan ini adalah salah satu penyebab yang akhirnya menimbulkan keputihan.

Nah, jika anda ingin menghindari masalah keputihan maka sangat disarankan untuk anda menjaga kebersihan dari bagian vagina. Anda juga harus menjaganya mulai dari bangun tidur hingga mandi. Dan berikut adalah beberapa cara mencegah terjadinya keputihan.

Gunakan Pembersih Yang Tidak Mengganggu Kestabilan pH

Jika anda ingin membersihkan organ intim sebaiknya anda harus membersihkannya dengan menggunakan pembersih yang tidak menganggu kestabilan pH pada vagina. Salah satu produk yang baik untuk membersihkannya ini adalah produk dengan bahan dasarnya susu. Produk dengan bahan ini sepertinya mampu menja pH tetap seimbang dan dapat membasmi bakteri yang berkembang. Sabun dengan bahan dasar antiseptik biasanya memiliki sifat yang cukup kasar dan tentu saja hal ini dapat membuat kelembaban vagina tidak normal. Selain itu hal ini tidak menguntungkan bagi kesehatan vagina dalam waktu yang cukup panjang.

Anda juga harus menghindari menggunakan bedak pada organ intim

Anda harus menghindari pemakaian bedak yang ditaburkan pada bagian organ intim dengan tujuan untuk membuat vagina harum dan kering. Hal ini karena bedan memiliki partikel yang halus sehingga dapat terselip dibagian tertentu pada bagian vagina. Sehingga pada akhirnya mengakibatkan munculnya sarang jamur dan bakteri di area alat reproduksi anda.

1. Keringkan Vagina

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vagina sangat sensitif dengan keadaan lingkungannya. Sehingga sangat disarankan sebelum menggunakan pakaian ada baiknya untuk anda mengeringkan terlebih dahulu bagian vagian.

2. Gunakan Celana dalam yang kering

Jika celana dalam yang anda gunakan cukup lembab dan basah, maka sangat disarankan untuk cepat mengganti celana dalam tersebut dengan membersihkan vagina terlebih dahulu. Sehingga untuk mencegah terjadinya keputihan tidak ada salahnya juga untuk anda membawa celana dalam cadangan anda untuk digunakan bla anda memang perlu mengganti.

3. Gunakan Celana dalam dengan Bahan yang dapat menyerap keringat

Menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat seperti dari bahan katun adalah pilihan baik. Jika anda menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan terbuat dari satin atau sintetik biasanya akan membuat area dari organ intim menjadi sangat panas dan akhirnya membuatnya menjadi lebih lembab.

4. Sangat Tidak Dianjurkan menggunakan Celana Jeans

Celana jeans adalah salah satu jenis pakaian luar yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan. Hal ini karena bagian pori – pori dari celana jeans sangatlah rapat. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan rok dan celana tidak terbuat dari bahan jeans. Tujuannya adalah untuk menjaga sirkulasi udara dari organ intim sehingga dapat bergerak dengan lebih luwes.

Itulah beberapa cara mencegah keputihan yang sangat sederhana anda lakukan. Semoga dapat bermanfaat.

3 thoughts on “Cara Mencegah Keputihan Yang Tidak Normal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!