Skip to main content

Cara Membersihkan Miss V Setelah Berhubungaan Intim

Sebelum melakukan hubungan intim, Anda mungkin sudah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung ritual pasangan suami istri ini misalnya menciptakan suasana yang romantis, memakai kondom, hingga melakukan foreplay. Tentu semua hal ini dapat mendukung kualitas hubungan intim yang memuaskan bagi suami maupun istri.

Lantas bagaimana dengan hal yang dilakukan setelah berhubungan intim? Apakah langsung tidur? Ingat, setelah Anda melakukan hubungan intim, masih ada beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan, salah satunya adalah membersihkan miss v.

Sebagian wanita mungkin belum mengetahui bagaimana cara membersihkan miss v setelah berhubungan intim. Ada yang bertanya – tanya apakah cara membersihkannya sama dengan saat membasuh setelah buang air kecil atau ada hal lain yang harus dilakukan. Untuk lebih jelas, berikut ini adalah cara yang baik untuk membersihkan miss V.

  • Membasuh Miss V Dengan Air Mengalir

Para wanita biasanya langsung menuju ke kamar mandi dan membersihkan diri usai berhubungan intim. Mencuci miss V dengan air mengalir menjadi hal yang penting untuk memastikan miss V kembali dalam keadaan bersih.

  • Hindari Mencuci Miss V Dengan Sabun

Tidak sedikit para wanita yang membasuh miss V dengan sabun mandi atau sabun kewanitaan untuk membersihkannya setelah berhubungan intim. Tetapi hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan. Penggunaan sabun setelah berhubungan intim dapat beresiko menyebabkan iritasi atau alergi pada organ kewanitaan.

Setelah berhubungan, biasanya jaringan – jaringan pada organ kewanitaan menjadi lebih sensitive karena selama berhubungan, miss V mengalami stimulasi dan gesekan fisik. Penggunaan sabun kewanitaan yang banyak beredar di pasaran justru akan membuat keseimbangan bakteri maupun kadar keasaman miss V menjadi kacau.

  • Membasuh Dengan Air Hangat

Salah satu cara yang direkomendasikan untuk membersihkan miss V adalah dengan air hangat dan tidak menggunakan sabun. Air hangat akan memberikan efek relaksasi pada miss V yang masih sensitive setelah berhubungan.

  • Hindari Membersihkan Miss V Dengan Tisu Basah

Jika Anda enggan beranjak dari ranjang untuk membersihkan diri di kamar mandi, jangan membersihkan miss V maupun penis dengan tisu basah. Tisu basah mengandung bahan – bahan kimia yang beresiko menyebabkan organ kewanitaan mengalami iritasi.

Setelah berhubungan intim, kadar bakteri baik di miss V menjadi tidak seimbang. Jadi jika terdapat bahan kimia dari tisu basah, kemampuan organ intim untuk melindungi diri pun menjadi berkurang sehingga lebih mudah mengalami iritasi maupun infeksi.

Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

  • Tidur

Setelah sesi intim dengan pasangan berakhir, tidur memang menjadi hal yang paling menggoda. Apalagi berhubungan intim memang dapat membuat pasangan merasa mengantuk dan rileks. Namun usahakan untuk meluangkan waktu dulu beberapa saat untuk mengobrol bersama pasangan. Menghabiskan momen bersama dengan pasangan usai berhubungan intim akan semakin meningkatkan kedekatan hubungan emosional suami istri.

Menurut penelitian, pasangan yang bermesraan dan berpelukan setelah berhubungan intim memiliki kehidupan rumah tangga dan kehidupan seksual yang lebih memuaskan daripada mereka yang tidak.

  • Memakai Lingerie Saat Tidur

Mungkin Anda memulai sesi bercinta bersama suami dengan baju tidur intim atau lingerie dari bahan dasar kain sutra atau renda yang tipis. Tetapi Anda sebaiknya tidak tidur memakai lingerie usai bercinta. Walaupun dari segi penampilan memang terlihat lebih seksi, kain renda atau sutra tidak mampu memberikan sirkulasi udara uang baik untuk organ kewanitaan.

Padahal setelah berhubungan intim, vagina menjadi lebih hangat dan lemab, Jika Anda selama semalaman tidur dengan kondisi miss V terlalu lembab, maka organ intim tersebut beresiko mengalami infeksi. Untuk itu, Anda sebaiknya mengganti lingeri dengan pakaian dalam dari bahan katun yang sejuk atau tanpa mengenakan pakaian dalam.

  • Beredam Air Panas

Berendam di bak berisi air panas bersama pasangan setelah berhubungan intim memang terdengar begitu nikmat. Tetapi siapa yang mengira bahwa berendam air panas dapat menyebabkan vagina mengalami infeksi. Hal ini disebabkan karena setelah bercinta, bibir dan vulva vagina mengalami pembengkakan. Jadi vagina menjadi lebih terbuka dan lebih mudah terkena bakteri atau kuman.

Apalagi ketika berendam bersama pasangan, bakteri dari penis juga akan lebih mudah untuk masuk ke organ kewanitaan melalui air dengan suhu yang cukup tinggi.

Langkah – Langkah Membersihkan Miss V

Membersihkan vagina usai berhubungan intim merupakan hal  yang wajib dilakukan oleh wanita. Namun, membersihkan miss V ternyata tidak hanya cukup dengan mengelap atau membasuhnya dengan air. Membersihkan miss V setelah berhubungan intim perlu dilakukan dengan cara yang benar karena setelah melakukan hubungan intim, organ kewanitaan lebih rentan terkena bakteri, jamur, dan virus yang dapat memicu masalah kesehatan dan penyakit seksual menular.

Apalagi penggunaan sex toys, pemulas, atau berbagai hal lainnya yang masuk ke vagina dapat meningkatkan resiko organ tersebut terkena bakteri dan jamur yang berbahaya. Untuk membantu Anda membersihkan vagina dengan benar, perhatikan cara membersihkan miss v setelah berhubungan intim berikut ini.

  • Menggunakan Air Hangat Di Area Luar

Anda dapat membersihkan bagian luar miss V dengan air hangat. Untuk mengeringkannya, gunakan handuk yang lembut dengan cara ditepuk – tepuk perlahan agar airnya terserap ke dalam handuk. Anda juga dapat menggunakan antiseptic kewanitaan untuk mencegah bakteri, jamur, dan virus penyebab infeksi vagina berkembang biak. Pilihlah produk antiseptic yang mengandung providone iodine.

  • Jangan Membersihkan Bagian Dalam Lubang Miss V

Pada saat membersihkan miss V, Anda tidak perlu memasukkan jari, douching, air, sabun, maupun benda lainnya. Cukup bersihkan bagian luar vagina saja atau bagian labia. Perlu diketahui bahwa bagian dalam miss V sebenarnya memiliki kemampuan untuk membersihkan organ mereka sendiri agar keseimbangan bakteri baik pada vagina tetap terjaga.

  • Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim

Buang air kecil setelah berhubungan intim merupakan haal yang dianjurkan sebagai salah satu cara membersihkan miss v setelah berhubungan intim. Hal ini karena perempuan memiliki anatomi tubuh yang berbeda dengan pria. Pada wanita, letak miss V dan dubur dengan uretra berdekatan yaitu kurang lebih hanya 5 cm. Jadi, kuman dan bakteri akan lebih cepat berpindah dan menyebar dari satu bagian ke bagian tubuh yang lain. Buang air kecil menjadi salah satu upaya yang paling mudah sekaligus perlu dilakukan agar miss V tetap terjaga kebersihannya.

  • Mengkonsumsi Makanan Probiotik

Kebersihan dan kesehatan miss V juga dapat dijaga dengan cara mengkonsumsi makanan kaya probiotik secara rutin seperti yoghurt, tempe, kimchi, atau makanan yang difermentasi. Jenis – jenis makanan tersebut bagus dikonsumsi oleh wanita untuk membersihkan miss V dari dalam. Probiotik dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti dan meningkatkan bakteri baik di dalam tubuh.

Bakteri baik yang terdapat pada makanan fermentasi memiliki manfaat yang sama dengan bakteri baik yang ada di sekitar area vagina. Jadi mengonsumsi probiotik sama saja Anda sudah membantu diri terhindar dari infeksi bakteri dan turut menjaga kesehatan miss V dari dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!