Skip to main content

Apa Yang Menjadi Penyebab Keputihan Pada Wanita

Penyebab keputihan pada wanita  – Keputihan merupakan bentuk cairan yang bening dimana keluar melalui vagina dan ini tentu saja nantinya bisa menyebabkan anda merasakan rasa yang benar – benar tidaklah nyaman. Dan terkadang keputihan sangat sering terjadi pada mereka yang para wanita terutama adalah wanita yang sudah menikah. Beberapa orang mungkin pernah merasakan ketika mereka sudah melakukan hubungan intim bersama dengan pasangannya. Maka ini bisa menjadi salah satu penyebab keputihan pada wanita. Atau mereka yang sedang memasuki masa kehamilan biasanya juga sangat sering mengalami masalah keputihan. Hanya saja memang sangat jarang memang dialami oleh remaja wanita kecuali jika memang mereka memiliki masalah keputihan kecuali jika mereka memiliki penyakit pada reproduksinya.

  • Karena Stress

Biasanya stress yang sering terjadi pada wanita yang belum menikah akan menjadi penyebab keputihan. Stress juga bisa membuat sistem dari reproduksi menjadi terganggu. Jika masalah ini terjadi secara terus menerus maka ini bisa merusak sistem hormon dalam tubuh dan menyebabkan anda sulit mengalami kehamilan jika anda sudah menikah. Dan untuk mahasiswa atau pelajar yang mengalami tekanan juga sering kali mengalami masalah keputihan. Namun saat biasanya keputihan akan berhenti dengan sendirinya jika sudah tidak ada lagi tekanan atau stress. Penderita juga hanya perlu untuk mengolah pikiran sehingga anda tidak mengalami stress.

  • Saat menjelang masa menstruasi

Pada saat akan memasuki masa – masa menstruasi, biasanya hampir semua wanita akan mengalami masa mengalami keputihan. Namun ini bisa dianggap normal jika anda mengalami dengan tanda – tanda seperti cairan putih, cairan bening, tidak terlihat lengket dan juga tidak mengeluarkan bau tak sedap. Hal ini menjadi wajar juga karena ini disebabkan oleh sistem pembuahan yang tidak terjadi sehingga menyebabkan menstruasi. Jadi jika anda mengalami keputihan pada masa menjelang menstruasi ada baiknya anda tidak lagi harus khawatir.

  • Saat setelah masa menstruasi

Biasanya saat setelah masa menstruasi maka wanita akan mengalami masa keputihan juga. Hal ini sangat mungkin terjadi jika masa menstruasi sudah selesai. Hal ini dikarenakan oleh perubahan hormon sistem reproduksi. Lalu bagian vagina akhirnya melakukan produksi lendir dengan tujuan untuk membersihkan semua jenis bakteri dan sumber penyakit yang tertinggal selama masa menstruasi. Dan biasanya pada masa ini keputihan akan bersifat jauh lebih cair, tidak berbau, tidak menyebabkan sakit pada pinggul dan akan sembuh dengan sendiri tanpa harus bantuan obat.

  • Pada saat masa anda akan ovulasi

Hampir semua wanita akan mengalami masa – masa saat ovulasi, sehingga pada masa ini ada kemungkinan besar anda akan mengalami masa keputihan. Dimana saat anda mengalami hal ini anda akan merasakan menstruasi. Sebenarnya jika anda mengalami masa ovulasi maka ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa anda memiliki rahim yang subur. Selain itu indikasi ini juga sangat sering dijadikan alasan oleh beberapa orang pasangan yang sudah menikah menentukan waktu yang tepat untuk mereka melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Dengan demikian ini membuka kemungkinan yang lebih besar untuk anda bisa mendapatkan keturunan jauh lebih cepat.

  • Ada masalah dengan hormon

Masalah hormon ini biasanya akan terjadi pada saat kelenjar dari pituiari tidak melakukan produksi hormon untuk reproduksi dengan jumlah yang cukup. Hal ini biasanya akan terjadi pada saat kadar estrogen pada tubuh anda yang rendah bisa menjadi salah satu penyebab keputihan pada wanita dan juga akhirnya membuat bagian organ bagian sistem reproduksi anda mengalami masalah. Karena kadar estrogen ini sendiri adalah salah satu hormon yang menyuburkan sehingga bisa membuat anda hamil lebih cepat. Jika ada masalah dan memiliki kadar hormon yang rendah bisa menjadi indikasi ada masalah dengan bagian rahim anda.

  • Bisa jadi karena anda mengalami infeksi pada pembalut

Untuk mereka yang menggunakan jenis pembalut yang tidak aman untuk kesehatan anda atau tidak sesuai dengan jenis kadar vagina anda maka biasanya anda akan jauh lebih sering mengalami masalah keputihan. Dan jika terjadi maka bisa jadi ini bisa menyebabkan adanya bakteri yang tumbuh. Hal ini bisa juga menyebabkan kadar vagina anda akhirnya menjadi tidak seimbang. Tentu saja anda pada akhirnya menjadi tidak nyaman juga tentu bisa saja terjadi pada semua wanita baik yang belum menikah dan yang sudah menikah. Karena penyebab keputihan pada wanita ini maka ada baiknya untuk menggunakan pembalut yang steril.

4 thoughts on “Apa Yang Menjadi Penyebab Keputihan Pada Wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!