Skip to main content

7 Obat Herbal Keputihan Paling Ampuh

Obat herbal keputihan merupakan solusi terbaik untuk mengobati keputihan. Seperti yang kita tahu, banyak sekali obat kimia yang beredar di pasaran namun ternyata malah memberikan efek kurang baik bagi kesehatan wanita. Sedangkan dengan menggunakan obat herbal, khasiat yang akan didapatkan pun akan lebih aman. Jika anda mencari obat herbal untuk keputihan, inilah informasi untuk anda. Namun sebelum mengetahui itu, ada baiknya anda mengetahui penyebab dari keputihan tersebut agar bisa mengurangi resiko keputihan yang anda alami.

Penyebab Keputihan

Umumnya setiap wanita pernah mengalami keputihan. Tetapi seringkali mereka tak tahu apa penyebab keputihan tersebut. Sebenarnya semua penyakit memiliki faktor pemicunya masing-masing. Untuk keputihan sendiri biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

  • Penyakit – Wanita yang memiliki penyakit pada bagian serviks atau vagina biasanya akan mengalami keputihan yang tidak normal. Jadi saat kesehatan vagina seorang wanita terganggu, maka wanita tersebut beresiko mengalami keputihan.
  • Pembersihan yang Salah – Cara membersihkan vagina yang salah bisa juga menyebabkan keputihan pada wanita. Sebagai saran, sebaiknya bersihkan vagina terlebih dahulu, barulah membersihkan anus setelah buang air kecil atau buang air besar.
  • Penggunaan Air Hangat – Air hangat bisa membuat kulit menjadi lembab dan membuat jamur berkembang biak. Jadi, usahakan jangan terlalu lama berendam dengan air hangat saat mandi untuk menghindari infeksi jamur yang mengakibatkan keputihan.
  • Penggunaan Pembalut – Penggunaan pembalut yang terlalu lama bisa memicu timbulnya keputihan. Usahakan untuk sering mengganti pembalut saat menstruasi untuk mencegah tumbuhnya bakteri penyebab keputihan.
  • Keadaan Lembab – Celana dalam yang lembab bisa menyebabkan keputihan. Usahakan untuk mengganti celana dalam secara teratur dan jangan gunakan celana dalam yang basah agar tidak menyebabkan keputihan.

Obat Herbal untuk Keputihan

Setelah mengetahui penyebab keputihan, anda bisa melakukan kegiatan pencegahan agar tidak mengalami keputihan. Tetapi apabila anda sudah terlanjur mengalami keputihan, pakailah obat herbal yang bisa menyembuhkan keputihan anda. Berikut ini adalah obat herbal yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan keputihan:

  1. Daun Sirih – Daun sirih sudah terbukti ampuh dalam mengobati keputihan. Cukup rendam daun sirih dalam air selama satu sampai dua jam. Setelah itu, pakailah air rendaman daun sirih tersebut untuk membersihka vagina.
  2. Bawang Putih – Bawang putih sangat berkhasiat untuk menyembuhkan infeksi akibat jamur atau bakteri di area vagina. Untuk menggunakannya, cukup kupas bawang putih dan potong menjadi dua bagian, lalu letakkan potongan bawang putih tersebut diatas vagina sampai pagi hari.
  3. Akar Bayam – Akar bayam dikenal dapat membasmi bakteri jahat peyebab infeksi pada vagina. Untuk menggunakannya, anda bisa mengolah akar bayam menjadi jus dan konsumsi jus tersebut sebanyak dua kali sehari.
  4. Akar Mawar – Akar mawar berkhasiat untuk mengurangi rasa gatal pada vagina akibat keputihan. Untuk menggunakannya, ambil akar mawar secukupnya dan rebuslah hingga mendidih. Setelah itu, ambil airnya dan minum secara teratur.
  5. Biji Ketumbar – Biji ketumbar pun bisa menjadi obat herbal yang ampuh untuk mengobati keputihan. Untuk menggunakannya, anda bisa merendam biji ketumbar selama satu malam dan minum airnya saat pagi hari ketika perut anda masih kosong. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengkonsumsi obat herbal tersebut selama satu minggu.
  6. Biji Mangga – Selain biji ketumbar, biji mangga pun bisa digunakan untuk mengobati keputihan secara alami. Anda bisa mengeringkan biji mangga sampai kering, lalu giling hingga menjadi bubuk biji mangga. Setelah itu, campur bubuk tersebut dengan beberapa tetes air. Untuk menggunakannya, anda bisa mengoleskan campuran tersebut ke dalam vagina. Campuran tersebut sangat baik untuk mengobati keputihan yang abnormal.
  7. Kunyit – Kunyit mengandung anti bakteri yang sangat baik untuk mengobati keputihan. Ambil 4 rimpang kunyit, beberapa lembar daun beluntas, satu genggam buah asam dan juga sepotong gula aren. Rebus semua bahan tersebut dengan air. Setelah mendidih, ambil airnya dan minum setelah dingin. Ramuan herbal ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk menyembuhkan keputihan.

Itulah penyebab keputihan dan beberapa obat herbal untuk menyembuhkan keputihan. Anda bisa memilih obat herbal keputihan yang paling cocok untuk anda dan tentunya bisa menyembuhkan keputihan anda dengan cepat.

3 thoughts on “7 Obat Herbal Keputihan Paling Ampuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!