Skip to main content

6 Cara Mengatasi Keputihan Secara Tradisional

Mengetahui bagaimana cara mengatasi keputihan secara tradisional adalah hal bijak yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit keputihan tersebut. Keputihan sendiri adalah hal yang wajar dialami oleh seorang wanita, terutama ketika  menjelang menstruasi. Namun bagaimana jika cairan keputihan ini mengeluarkan bau yang menyengat dan menimbulkan rasa gatal. Hal seperti ini, tentunya tidak dapat dibiarkan, dan harus diatasi dengan segera. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keputihan secara tradisional. Bahan yang perlu disiapkan tidak sulit, dan mudah didapat, serta cara menggunakan atau mengkonsumsinya juga cukup mudah.

1. Kunyit

Bahan alami pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi penyakit keputihan adalah kunyit. Bahan yang satu ini memang dikenal kaya akan berbagai macam kandungan yang baik untuk tubuh, tidak hanya itu, bahan rimpang yang satu ini juga terbukti efektif mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh. Salah satu kandungan dalam tanaman kunyit ini adalah anti bakteri, yang tentunya dapat mengatasi bakteri penyebab keputihan pada organ kewanitaan.

Cara mengatasi keputihan secara tradisional dengan menggunakan kunyit ini sangat mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan 2 buah kunyit berukuran 2 ruas jari, kemudian cuci bersih, kupas. Setelah bersih, Anda dapat memarut kunyit tersebut, dan peras airnya. Campurkan perasan air kunyit tersebut dengan 1 sdm madu, aduk hingga rata dan konsumsi secara rutin, 2 kali dalam sehari.

2. Biji fenugreek

Bahan alami berikutnya yang dapat Anda konsumsi unutk mengatasi penyakit keputihan adalah biji fenugreek. Mungkin sebagian Anda masih asing mendengat kata yang satu ini, namun biji tanaman yang satu ini berasal  dari nama tanaman yang sama. Ada banyak sekali kandungan positif yang ada pada tanaman yang satu ini, salah satunya baik untuk mengatasi keputihan.

Cara mengkonsumsi biji fenugreek ini juga cukup mudah, yaitu rendam biji fenugreek ke dalam air hangat selama seharian, kemudian saring dan konsumsi air hasil rendaman biji fenugreek yang telah disaring. Konsumsi minuman ini secara rutin setiap hari, sebaiknya minuman tersebut dikonsumsi sebelum sarapan pagi.

3. Bawang putih

Bumbu masak yang satu ini memang kaya akan aneka nutrisi yang baik untuk tubuh, sehingga tidak heran jika bawang putih ternyata dapat mengatasi keputihan. Beberapa kandungan ampuh yang terbukti dapat mengatasi keputihan adalah adanya kandungan anti bakteri dan anti jamur.

Cara mengkonsumsi bawang putih ini cukup mudah, Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secra langsung, membuatnya menjadi jus bawang putih, atau menambahkan bawang putih cukup banyak pada makanan yang hendak dimakan. Secara perlahan penyakit keputihan akan hilang.

4. Daun sirih

Daun sirih adalah salah satu bahan umum yang biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit keputihan. Daun yang satu ini mudah Anda temukan di berbagai obat keputihan atau produk untuk membersihkan organ kewanitaan. Kandungan anti jamurnya serta anti bakteri terbukti ampuh mengatasi penyakit keputihan.

Adapun cara menggunakan daun sirih untuk mengatsi keputihan antara lain dengan mencuci bersih sekitar 4 lembar daun sirih, kemudian rendam bersama segelas air panas, tunggu hingga dingin lalu konsumsi hingga habis. Atau Anda dapat merebus 4 lembar daun sirih, bersama 3 gelas air, rebus hingga air tersisa setengahnya, saring dan konsumsi air rebusan daun sirih tersbeut.

5. Daun sambiloto

Rasanya yang pahit adalah ciri khas dari daun yang satu ini. Daun yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit ini memang kaya akan berbgai kandungan yang juga baik untuk tubuh.

Adapun teknik mengkonsumsi daun samboloto guna, mengatasi keputihan dalah dengan mencuci bersih, sekitar 5 lembar dain samboloto, rebus bersama 3 gelas air, biarkan hingga tersisa 2 gelas, lalu saring, konsumsi minuman tersebut secara teratur.

6. Daun kemangi 

Mengkonsumsi daun kemangi juga ternyata ampuh mengatasi keputihan. Daun yang sering digunakan sebagai hiasan makanan ini kaya akan berbagai macam nutrisi. Beberapa kandungannya juga terbukti ampuh mengatasi keputihan.

Teknik mengatasi keputihan menggunakan daun kemangi ini juga cukup mudah. Anda dapat mengkonsumsi daun kemangi tersebut secara langsung, atau Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus.

Demikianlah beberapa cara mengatasi keputihan secara tradisional efektif untuk Anda.

One thought on “6 Cara Mengatasi Keputihan Secara Tradisional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!