Skip to main content

Tips Mencegah Keputihan Secara Alami dan Tanpa Efek Samping

Keputihan pada organ intim bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan baik. Namun demikian, sebagai seorang wanita Anda tidak boleh menggunakan obat pencegah keputihan secara sembarangan agar hasil yang diberikan optimal. Berikut adalah beragam tips mencegah keputihan secara alami yang bisa Anda lakukan.

  • Ramuan dari cuka sari apel

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari cuka sari apel dan madu. Air cuka sari apel mampu membunuh bakteri dan menyeimbangkan pH di organ kewanitaan. Anda bisa menghangatkan 200ml air yang kemudian ditambah 5-7 tetes cuka sari apel dan 1 sdt madu. Ramuan ini hendaknya diminum 30 menit setelah makan dan untuk hasil yang optimal, minum ramuan ini sekali sehari dan imbangi dengan konsumsi sayur hijau.

  • Minum jus delima

Selain mengandung flavonoid dan vitamin, buah delima mengandung antibakteri yang mampu membunuh jamur Candida sebagai penyebab keputihan. Setiap harinya, Anda bisa mengkonsumsi 200-300ml jus buah delima secara teratur.

  • Jus basil dan susu rendah lemak

Keputihan bisa terjadi ketika wanita yang mengalaminya tidak menjaga kebersihan organ intimnya dengan baik. Selain itu, keputihan juga bisa terjadi karena kondisi pH area kewanitaan yang tidak seimbang. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan mencampurkan segenggam basil pada 200ml susu rendah lemak. Agar tercampur sempurna, Anda bisa memakai blender dan menyaringnya sebelum minum ramuan dua kali sehari di pagi dan sore hari. Kombinasi dari kedua bahan ini akan membantu menyeimbangkan pH organ intim sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Secara umum, saat Anda mengalami keputihan dan mengkonsumsi ramuan ini, hasil akan terlihat dalam waktu 1-2 minggu.

  • Jahe

Jahe mengandung senyawa antioksidan, antibakteri, flavonoid, dan alkaloid yang mampu membantu melawan bakteri penyebab keputihan. Mengkonsumsi air jahe hangat dua kali sehari juga mampu meningkatkan ketahanan tubuh dari pengaruh radikal bebas. Untuk bisa membuat ramuan jahe ini, Anda bisa memipihkan satu rimpang jahe berukuran 50-75gr. Rebus dalam 200ml air dan tunggu hingga mendidih. Tambahkan sedikit madu dan saring sebelum diminum.

  • Jus lemon dan bawang putih

Tips mencegah keputihan secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan campuran jus lemon dan bawang putih. Kombinasi keduanya bisa membantu meminimalisir reaksi infeksi dan membunuh bakteri penyebab keputihan. Caranya dengan mencampurkan 50ml air lemon, 2 siung bawang putih kupas, dan air 200ml. Minum ramuan ini 1-2 kali sehari dan lihat hasilnya setelah satu minggu pengobatan.

  • Konsumsi yogurt

Plain yogurt atau yogurt tawar memiliki kandungan probiotik cukup tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus organ intim pada wanita. Untuk meminimalisir pertumbuhan jamur, Anda bisa mengkonsumsi 150-200gr plain yogurt setiap hari yang dikombinasikan dengan buah-buahan segar. seperti apel, anggur, kiwi, dan blueberry.

  • Jus anggur dan madu

Anda bisa mendapatkan khasiat dari anggur dan madu sebagai obat pereda nyeri dan bau amis akibat keputihan apabila Anda mengolah kedua bahan ini menjadi jus. Anda bisa memblender 100ml air yang ditambah 5-8 buah anggur (tanpa kupas kulit), dan 1 sendok makan madu untuk dikonsumsi sekali sehari setiap pagi. Kombinasi dari kedua bahan ini akan menyeimbangkan pH yang ada pada organ kewanitaan Anda. Selain itu anggur mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri penyebab keputihan.

  • Meminimalisir kafein

Ketika Anda mengalami keputihan, akan lebih baik jika Anda mengurangi konsumsi kafein. Hal ini karena kadar kafein yang terlalu tinggi dalam darah akan mempengaruhi pH organ intim. Selain itu, kinerja hormon estrogen yang berperan penting selama proses menstruasi akan terhambat dan gejala keputihan bisa sering dialami.

  • Rebusan daun sirih

Selain mengandung antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab keputihan, air rebusan daun sirih juga membantu membersihkan organ kewanitaan. Untuk bisa merasakan khasiatnya, Anda bisa merebus 7-10 lembar daun sirih hijau dalam 500ml air. Didihkan dan tunggu hingga suhunya cukup hangat untuk digunakan sebagai air bilasan organ intim. Selain bisa digunakan sebagai air bilasan, Anda juga bisa mengkonsumsinya 2-3 kali sehari untuk pengobatan keputihan dari dalam. Semoga beragam tips mencegah keputihan secara alami diatas dapat menjadi referensi Anda untuk mengatasi keputihan.

One thought on “Tips Mencegah Keputihan Secara Alami dan Tanpa Efek Samping”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!