Skip to main content

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Apa penyebab keputihan sebenarnya? Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyai oleh banyak wanita. Dan setidaknya hampir mencai 85 persen wanita mengalami masalah dari keputihan ini. Dan terkadang masalah ini dikarenakan oleh banyak seklai kecemasan yang terjadi karena berhubungan dengan kesehatan dari bagian vagina. Keputihan sendiri merupakan kumpulan dari cairan yang keluar dari bagian organ intim. Dan pada dasarnya fungsi keputihan adalah untuk membersihkan dan melindungi kewanitaan. Tapi jika terjadi dalam jumlah yang banyak maka tentu saja hal ini mengakibatkan banyak masalah.

Jika anda mengalami keputihan yang normal biasanya dialami adalah memiliki warna bening dan kuning terang yang biasanya akan menempel pada bagian pakaian dalam, selain itu teksturnya berlendir dan juga cukup encer dan tidak berbau dan juga tidak menimbulkan rasa gatal dan nyeri maka sepertinya adan tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini. Karena keputihan jenis ini termasuk dalam ukuran normal.

Tapi jika anda mengalami keputihan yang tidak wajar yang disebabkan karena beberapa jenis infeksi seperti karena infeksi bakteri, parasit hingga jamur. Maka anda harus melakukan konsultasi pada dokter untuk menemukan beberapa solusinya. Dan berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kuputihan yang tidak normal diantarany adalah :

Keputihan yang dikarena adanya infeksi jamur

Keputihan jenis ini dalam istilah medis disebut sebagai kandidosis vulvovaginalis adalah jenis keputihan yang umumya memiliki wanra putih dan agak kekuningan. Dan biasanya bentukkanya agak menggumpal seperti kepalan susu. Ada juga rasa gatal pada area vagina. Selain itu ada rasa panas yang akhirnya menyebabkan rasa nyeri pada saat anda melakukan hubungan seksual juga biasanya bagian vagina akan merasa sangat nyeri

Keputihan yang disebabkan karena infeksi parasit

Keputihan dalam bentuk ini biasanya memiliki warna kuning dan agak kehijauan. Selain itu juga biasanya bentukkan agak kental dan sangat berbau tidak enak dan juga tidak berbusa. Ada juga keluhan  lain yang biasanya dialami misalnya adalah rasa nyeri saat anda melakukan hubungan seksual. Selain itu biasanya juga dikarena pendarahan yang akan anda alami dan sekilas biasanya ini seperti pendaharan yang terjadi diluar dari masa mestruasi.

  • Keputihan yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri

Keputihan yang dialami karena infeksi dari bakteri ini biasanya memiliki warna agak abu – abu dan bentuknya agak encer, agak berbau amis dan jada juga yang berbusa. Selain itu dalam kondisi ini biasanya ada bau amis yang menusuk pada saat anda setelah melakukan hubungan seksual. Selain itu ketika mengalami keputihan ini darah pada saat mestruasi juga memiliki bau yang tidak normal. Selain itu anda juga akan mengalami gatal – gatal dan daerah vagina juga terasa agak terbakar dan panas.

  • Keputihan Yang Memiliki Tanda kanker

Keputihan juga bisa menunjukkan jika anda memiliki kemungkinan kanker. Untuk jenis keputihan yang memiliki tanda kanker ini biasanya keputihan jenis ini memiliki warna kecoklatan. Selain itu anda juga biasanya akan mengalami bercak – bercak beradarah dan ada bau yang sangat tidak enak alias busuk, untuk jenis keputihan ini biasanya dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama. Jika anda tidak merespon masalah ini dengan baik maka biasanya aka menimbulkan masalah lain. Anda juga biasanya akan mengalami masalah dan terasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

  • Keputihan dikarenakan oleh alergi

Keputihan yang terjadi karena alergi ini biasanya keputihan yang terjadi dalam jumlah yang lebih banyak. Jika anda mengalami masalah ini maka anda biasanya akan mengalami keputihan dengan memiliki warna putih yang agak kuning. Cairannya juga encer dan cukup kental. Selain itu anda juga akan mengalami banyak keluhan yang biasanya disertai dengan rasa gatal, rasa terbakar, dan juga nyeri. Tak jarang banyak juga yang mengalami warna kemerahan pada daerah kemaluannya.

Melakukan banyak tindakan penting untuk mengatasi masalah keputihan adalah cara yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan organ intim. Sehingga anda tidak perlu lagi bertanya apa penyebab keputihan?Karena anda sudah melakukan banyak pencegahan dalam mengatasi masalah ini.

One thought on “Penyebab Keputihan Pada Wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!