Skip to main content

Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Cara Mengobatinya

Salah satu masalah organ kewanitaan yang sering dialami oleh wanita adalah keputihan. Keputihan menjadi masalah karena dapat menganggu aktivitas wanita. Keputihan biasanya ditandai dengan keluarnya lendir pada area kewanitaan. Sering juga disertai dengan sensasi gatal, perih dan bau yang tidak sedap. Kita akan membahas penyebab keputihan pada wanita dan cara mengobatinya.

Penyebab Keputihan pada wanita

Keputihan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal dan abnormal. Keputihan normal adalah kondisi alami pada vagina yang akan dialami oleh semua wanita. Keputihan normal justru sangat berguna untuk menjaga dan melindungi area kewanitaan dari serangan bakteri, jamur dan hal lainnya yang dapat menginfeksi. keputihan normal disebabkan oleh mekanisme pertahan tubuh dari berbagai masalah kesehatan.

Keputihan abnormal adalah jenis keputihan yang dapat menimbulkan masalah yang cukup serius pada wanita. Keputihan abnormal ditandai dengan keluarnya lendir yang berlebihan disertai dengan bau busuk dan juga sensasi gatal yang tak tertahankan pada vagina. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab keputihan abnormal:

1. Infeksi Bakteri Vaginosis

Infeksi bakteri vaginosis merupakan salah penyebab paling sering dari keputihan abnormal. infeksi bakteri vagionis dapat menyebabkan keluarnya lendir keputihan yang berlebihan dan juga disertai dengan bau busuk dan amis yang menyengat. Bakteri ini dapat ditularkan ke dalam vagina dari aktivitas sex oral ataupun dari aktivitas sex dengan banyak pasangan.

2. Infeksi Trichomoniasis

Infeksi protozoa bernama trichomoniasis juga merupakan salah satu penyebab dari masalah keputihan abnormal yang dialami oleh banyak wanita. keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi trichomononiasis biasanya akan ditandai dengan keluarnya lendir yang berlebih dan berwarna kuning atau hijau serta mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu juga akan ditemukan sensasi gatal dan nyeri pada vagina yang terinfeksi trichomoniasis. Infeksi ini dapat disebabkan oleh aktivitas sex atapun juga dari faktor kebersihan vagina itu sendiri. Sering berbagi handuk, atapun tidak bersihnya WC juga merupakan penyebab ternyata infeksi trichomoniasis.

3. Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga merupakan salah satu jenis infeksi yang dapat menyebabkan masalah keputihan abnormal pada wanita. Infeksi jamur ditandai dengan lendir berwarna putih yang tidak terkendali dan diikuti juga dengan sensasi gantal dan terbakar. Sebenarnya, ditemukannya jamur pada vagina merupakan hal yang normal, namun hal ini akan berubah menjadi masalah jika pertumbuhannya tidak terkendali. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak terkendalinya pertumbuhan jamur di vagina, antara lain: tingkat stress yang tinggi, pengaruh dari diabetes, penggunaan pil pencegah kehamilan, faktor kehamilan, mengonsumsi obat antibiotik lebih dari waktu yang ditentukan, dan lainnya.

Cara Mengobati Keputihan

1. Pengobatan sesuai dengan akar masalahnya

Langkah pertama dalam mengobati keputihan, khususnya keputihan abnormal, adalah mencari akar masalahnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui akar masalahnya, maka kita dapat dengan mudah mengobati keputihan abnormal. pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengetahui penyebab dari keputihan abnormal tersebut? Salah cara yang paling jitu adalah dengan memeriksakan kondisimu ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosa yang lengkap dan menyeluruh mengenai penyebab keputihan pada wanita dan cara mengobatinya. Jika keputihan disebabkan oleh bakteri maka obat oles ataupun minum yang mengandung anti bakteri. Jika jamur yang menjadi masalah, maka obat yang mengandung anti anti jamur dapat digunakan.

2. Pengobatan alami atau herbal

Pengobatan alami atau herbal juga dapat merupakan salah solusi untuk masalah keputihan yang kamu alami. Ada banyak bahan alami dari alam yang berkhasiat dalam pengobatan keputihan. Daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengobati keputihan. Dengan merebus daunnya dengan air, dan meminum air rebusannya secara rutin, keputihan akan dapat segera sembuh.

3. Menjaga Kebersihan

Selain melalui pengobatan medis ataupun juga herban, menjaga kebersihan organ intim dapat menjadi salah satu solusi dalam mengobati keputihan abnormal.

Itulah penyebab keputihan pada wanita dan cara mengobatinya. Jagalah selalu kebersihan organ kewanitaan agar terhindar dari berbagai masalah seperti keputihan abnormal. Semoga informasi di atas dapat membantu anda yang mengalami masalah keputihan.

One thought on “Penyebab Keputihan Pada Wanita dan Cara Mengobatinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!