Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Masalah keputihan dapat menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita. Keputihan biasanya ditandai dengan munculnya lendir pada area kewanitaan yang berbau menyengat dan menimbulkan rasa gatal. Banyak wanita yang merasa kebingungan mengenai penyebab keputihan dan juga cara yang digunakan untuk mengatasinya. Oleh karena itu, kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai penyebab keputihan pada wanita dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Keputihan Abnormal

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab wanita mengalami keputihan abnormal:

1. Faktor kebersihan Area Kewanitaaan

Faktor kebersihan area kewanitaan menjadi salah satu faktor utama bagaimana wanita bisa mengalami masalah keputihan abnormal. Keputihan Abnormal biasanya dimulai dengan tidak bersihnya area kewanitaan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kebersihan area kewanitaan. Salah satunnya adalah penggunaan WC baik umum maupun pribadi yang tidak terjaga kebersihannya. Dengan menggunakan WC yang tidak bersih mau resiko masuknya bakteri atau jamur pada orang kewanitaan menjadi semakin besar.

Hal lain yang dapat mempengaruhi kebersihan area kewanitaan adalah cara membersihkan area kewanitaan ataupun anus setelah buang air besar atau kecil. Banyak wanita yang masih membersihkan area kewanitaan dan anus dari belakang ke depan. Hal ini dapat mengakibatkan kotoran atau bakteri masuk ke vagina dan menimbulkan masalah keputihan abnormal.

Penggunaan celana dan celana dalam yang terlalu ketat dan berbahan panas juga dapat mempengaruhi kebersihan area kewanitaan. Celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan terganggunya sirkulasi udara pada area kewanitaan sehingga area tersebut menjadi lembab. Bahan celana dalam yang panas juga akan membuat area kewanitaan menjadi lembab dan basah. Hal ini akan menciptakan kondisi yang sempurna bagi bakteri yang buruk untuk berkembang dan menimbulkan masalah.

2. Faktor Infeksi Bakteri dan jamur

Berdasarkan sumber penyebabnya, keputihan abnormal disebabkan oleh infeksi dari bakteri dan jamur yang bersarang di area kewanitaan. Untuk infeksi bakteri, biasanya bakteri buruk yang menginfeksi vagina adalah bakteri yang berasal dari luar. Bakteri Vaginosis dan trichomoniasis adalah dua bakteri yang sering menginfeksi vagina. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik dan juga karena aktivitas sexual. Sedangkan untuk infeksi jamur, biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di vagina. Pertumbuhan yang tidak terkendali itu bisa disebabkan oleh faktor stress, diabetes, kehamilan, dan lainnya.

3. Faktor Penyakit

Penyakit juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan keputihan abnormal. Keputihan abnormal merupakan salah satu tanda atau gejala dari suatu penyakit. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebab keputihan abnormal, seperti penyakit menular sexual dan juga kanker. Gonore dan klamidia merupakan dua contoh penyakit menular sexual yang dapat menyebabkan keputihan abnormal, ditandai dengan lendir berwarna kuning atau hijau. Kanker servik juga dapat menyebabkan keluarnya lendir berwarna kuning kecoklaktan yang berbau tidak sedap.

Mengatasi Keputihan Abnormal

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan abnormal:

1. Obat Anti Bakteri dan Anti Jamur

Untuk keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksii bakteri dan jamur, obat yang mengandung anti bakteri dan jamur dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan abnormal. Namun sebelum memberikan obat anti bakteri atau jamur, disarankan untuk pergi ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan lebih mendalam mengenai jenis infeksi yang diderita. Hasil pemeriksaan itu dapat secara jelas menjelaskan penyebab keputihan pada wanita dan cara mengatasinya.

2. Pengobatan Herbal

Pengobatan Herbal juga dapat menjadi pilihan dalam mengatasi masalah keputihan abnormal. beberapa bahan alami seperti daun sirih, kunyit, dan bawang putih dipercaya mempunyai khasiat untuk mengobati keputihan abnormal.

3. Cara Lainnya

Selain melalui pengobatan medis atapun herbal, ada beberapa cara lain yang dapat mengatasi keputihan normal:

  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Menjaga organ kewanitaan tetap kering
  • Tidak menggunakan celana yang terlalu ketat dan berbahan panas
  • Tidak menggunakan tisu yang mengandung parfum saat membersihkan vagina

Keputihan abnormal adalah masalah yang bisa sangat mengganggu aktivitas wanita. Oleh karena itu penting untuk mengetahaui penyebab keputihan pada wanita dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah keputihan yang sedang kamu alami.

2 thoughts on “Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!