Skip to main content

Mengetahui Faktor Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya Sejak Dini

Silahkan pelajari dan ketahui tentang faktor penyebab keputihan dan cara mengatasinya sudah sejatinya harus dimengerti dan diperhatikan oleh para wanita. Lumrah bagi para wanita untuk mengalami keputihan. Bila keputihan tersebut masih dalam konteks yang wajar, para wanita tidak perlu cemas karena keputihan dalam konteks yang wajar adalah suatu kejadian alamiah yang terjadi pada tubuh wanita. Keputihan dalam konteks yang wajar dialami para wanita dapat dilihat dari berbagai karakteristik. Jika ketika mengalami keputihan vagina Anda tidak mengalami bau yang tidak sedap, warna lendir yang keluar bening, serta Anda tidak merasa kegatalan pada sekitar area vagina anda, kemungkinan besar Anda mengalami keputihan dalam konteks yang masih wajar-wajar saja.

Memperhatikan Keputihan Sejak Dini

Berbeda bila Anda mengalami keputihan yang mulai memasuki fase yang tidak normal. Keputihan yang sudah memasuki fase yang tidak normal biasanya ditandai oleh gejala-gejala seperti yang disebut di atas. Keputihan yang tidak normal atau keputihan patologis juga memiliki tanda-tanda lanjutan yang patut Anda dan para wanita ketahui agar bisa cepat ditangani. Beberapa hal yang harus Anda tahu tentang keputihan yang tidak normal adalah cairan yang keluar dari vagina Anda teksturnya kental, serta warnanya pekat seperti putih, kuning, atau bisa juga hijau. Selain itu Anda juga akan menyadari bahwa bercak-bercak yang sangat jelas akan terlihat pada celana dalam Anda ketika Anda mengalami keputihan yang tidak normal.

Lalu, apa sebenarnya faktor penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Pertama-tama, Anda harus mengetahui dahulu apa saja sih faktor penyebab keputihan patologis yang sangat berbahaya tersebut. Ya, keputihan yang tidak normal sangat berbahaya bagi para wanita. Jika Anda tidak mengatasinya dengan cepat, keputihan dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit-penyakit fatal lainnya yang terjadi di dalam tubuh wanita. Penyakit-penyakit seperti kanker serviks dan rahim yang mandul dapat terjadi akibat keputihan yang tidak normal tersebut.

Faktor Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Ada banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab keputihan, namun 5 hal yang paling berpengaruh sebagai faktor penyebab keputihan adalah sebagai berikut:

1. Jamur, kuman, serta bakteri

Sudah jelas bahwa jamur, kuman, serta bakteri menjadi penyebab utama terjadinya keputihan. Tidak terkontrolnya pertumbuhan jamur yang ada di dalam vagina Anda dapat menjadi faktor utama terjadinya keputihan. Soal kuman juga begitu, kuman akan dapat masuk dan menjadi berbahaya bagi vagina Anda. Bakteri vaginosis menjadi bakteri utama yang menjadi penyebab keputihan yang asal usulnya masih sulit diketahui bahkan oleh ahli medis sekali pun.

2. Seks bebas

Untuk semua kesehatan alat kelamin baik pria maupun wanita, sebaiknya janganlah melakukan seks bebas. Seks bebas akan sangat berbahaya, salah satunya menjadi penyebab keputihan yang tidak normal.

3. Makanan dan minuman

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang difermentasikan karena ragi yang terkandung di dalam makanan seperti tape atau keju dapat menciptakan lendir yang berlebihan dan menjadi penyebab keputihan. Untuk minuman, yang paling wajib dihindari bagi para wanita supaya tidak terserang keputihan patologis adalah minuman-minuman yang bersoda.

4. Kebersihan

Pepatah yang menyebutkan bahwa kebersihan adalah sumber kesehatan memang benar adanya. Anda harus tetap menjaga diri Anda higienis, seperti ketika Anda sedang berada di toilet umum, sebaiknya Anda tidak sembarang menggunakan WC dikarenakan banyak sekali bakteri yang bersarang di sana, dan dapat menimbulkan keputihan.

5. Stress

Satu lagi yang harus Anda ketahui adalah bahwa stress dapat sekali menjadi penyebab keputihan yang tidak normal. Tingkat stress Anda akan berpengaruh pada hormon Anda dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya keputihan yang berangsur-angsur.

Lalu, dapatkan informasi yang benar dan pastinya Anda juga harus tahu cara mengatasi keputihan. Pengobatan pribadi yang dapat Anda ketahui lewat konsultasi dengan dokter, meminum air rebusan daun sirih, serta mengkonsumsi bawang putih dapat menjadi sebagian hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda mengalami keputihan. Anda harus menjaga diri Anda sejak dini dan mengetahui apa-apa saja yang berguna bagi kesehatan organ kewanitaan Anda, seperti faktor penyebab keputihan dan cara mengatasinya.

3 thoughts on “Mengetahui Faktor Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya Sejak Dini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!