Skip to main content

Mengenal Lebih Jauh Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Keputihan merupakan salah satu masalah organ intim paling sering yang dihadapi oleh banyak wanita. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa faktor penyebab keputihan dan cara mengatasinya.

Penyebab Keputihan

Untuk keputihan normal, lendir yang keluar dari dalam vagina adalah bagian dari sistem alami tubuh. Lendir ini mengandung bakteri baik dan juga kandungan baik lainnya yang berfungsi untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih. Selain itu lendir keputihan normal ini juga berfungsi untuk melindungi area kewanitaan dari serangan infeksi bakteri, jamur, ataupun parasit.

Berbeda dari keputihan normal yang berdampak baik untuk organ intim wanita, keputihan abnormal merupakan masalah pada area kewanitaan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan wanita mengalami faktor keputihan:

1. Faktor infeksi

Faktor infeksi merupakan salah faktor yang paling sering menjadi penyebab keputihan abnormal. Menurut sumbernya, ada 3 jenis infeksi yang menjadi penyebab keputihan abnormal, yaitu infeksi bakteri, jamur dan parasit. Bakteri, jamur dan parasit menjadi sumber dari setiap infeksi pada kasus keputihan abnormal. ketiga organisme inilah yang dapat membuat bau busuk dan rasa gatal yang dirasakan pada keputihan abnormal. Ada berbagai macam faktor pula yang menyebabkan bakteri, jamur dan parasit bisa menginfeksi area kewanitaan.

Faktor kebersihan organ intim menjadi salah satu faktor terbesar dari masalah ini. Bakteri, jamur dan parasit menjadi tanda bahwa area kewanitaan tidak terjaga kebersihannya. Bakteri, jamur dan parasit bisa masuk ke vagina ketika kamu menggunakan wc umum yang  kebersihannya tidak terjaga. Area Kewanitaan yang lembab dan tidak kering juga menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri, jamur dan parasit untuk berkembang biak. Membersihkan area kewanitaan dan anus ke arah yang salah (dari belakang ke depan) juga dapat menyebabkan bakteri atapun kotoran lainnya dari anus dapat masuk ke area kewanitaan dan menyebabkan infeksi.

2. Penyakit

Keputihan abnormal juga merupakan salah satu tanda atau gejala dari gangguan penyakit lainnya. Gangguan pada kandungan atau rahim menjadi salah satu penyebab paling sering dari keputihan abnormal. Pada tingkat yang lebih parah, keputihan abnormal dapat menjadi salah satu tanda dari tumor atau kanker pada kandungan atau rahim. Gangguan saluran kencing juga dapat menjadi salah satu penyebab yang memicu keputihan yang berlebihan atau tidak normal. Jika keputihan abnormal berlangsung lama, ada baiknya kamu menemui dokter untuk mendapat penjelasan lebih menyeluruh akan penyebab keputihan abnormal tersebut.

3. Usia

Usia juga menjadi faktor yang mempengaruhi wanita mengalami keputihan abnormal. Masalah keputihan abnormal sering terjadi pada wanita yang memiliki usia lanjut. Hal ini terjadi karena organ kewanitaannya menjadi semakin tipis. Organ kewanitaan yang semakin tipis menyebabkan resiko infeksi semakin besar. Namun tidak jarang juga wanita yang baru memasuki masa pubertas juga mengalami keputihan abnormal. Faktor hormonal yang belum seimbang ditambah dengan faktor kebersihan yang tidak terjaga dengan baik menjadi penyebab terjadinya keputihan abnormal pada masa pubertas.

Cara Mengatasi Keputihan

Untuk mengatasi keputihan abnormal, hal pertama yang harus diketahui adalah mengetahui penyebab keputihan abnormal. Oleh karena itu, diagnosa dari dokter dapat menjadi salah satu sumber yang valid untuk mengetahui penyebab keputihan dan cara mengatasinya.

1. Pada masalah infeksi bakteri, jamur dan parasit

Pada masalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur dan parasit, obat oles ataupun minum yang mengandung anti bakteri, jamur dan parasit dapat digunakan. Namun perlu dipastikan juga organisme apa yang menyebabkan masalah keputihan abnormal. penggunaan obat yang tidak sesuai dengan penyebabnya tidak akan menyelesaikan masalah dan malah memperburuk keadaan.

2. Pada masalah penyakit

Jika keputihan abnormal disebabkan oleh penyakit lainnya maka penangganan pada penyakit tersebut harus didahulukan. Keputihan abnormal akan terus terjadi sebelum penyakit yang menyebabkannya tertangani.

3. Pada masalah Usia

Jika usia merupakan penyebab dari keputihan abnormal, satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keputihan abnormal adalah menjadi kebersihan area kewanitaan dan mencegah terjadinya infeksi bakteri, jamur ataupun ke parasit. Obat anti bakteri, jamur dan parasit juga dapat membantu menghilangkan keputihan abnormal untuk sementara. Selebihnya akan ditentukan kebersihan organ intim.

Itulah tadi beberapa penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Kunci dari mengatasi masalah keputihan adalah menjaga kebersihan organ kewanitaan. Jika kebersihannya terjaga, resiko terkena keputihan abnormal akan semakin kecil.

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!