Skip to main content

Ciri – ciri keputihan pada wanita

Ciri – ciri keputihan pada wanita biasanya hampir sama. Keputihan adalah salah satu cairan yang keluar dari vagina dan biaanya cairan ini memiliki warna yang putih kekuningan atau putih kekelabuan. Bisa juga dalam bentuk yang encer atau ada juga yang kental. Terkadang juga ada yang memiliki bau yang tidak sedap dan mengakibatkan rasa gatal pada bagian alat kewanitaan.

Keputihannya memang pada awalnya bukan adalah satu masalah besar. Tapi tetap harus anda waspadai karena akan mengakibatkan banyak penyakit serius. Namun ada beberapa ciri dari keputihan pada wanita yang biasa dialami oleh wanita diantaranya adalah :

  • Keputihan sebelum datang bulan

Salah satu ciri keputihan yang normal adalah keputihan yang sering terjadi pada saat sebelum anda mengalami menstruasi. Dan biasanya ini datang sekitar 3 hingga 7 hari sebelumnya. Pada saat masa ini anda tidak perlu khawatir karena hal ini sepertinya biasa terjadi dan ini adalah ciri umum.

  • Keputihan biasanya terjadi selama 7 hari

Secara normal sebenarnya keputihan pada wanita sering terjadi sekitar 7 hari. Kemudian terjadi juga beberapa hari kemudia setelah mengalami masa mestruasi dan akan masa itu akan berakhir. Lalu keputihan akan muncul kembali pada saat masa datang bulan dimana keputihan ini biasanya menandakan jika darah menstruasi masih belum selesai. Hal ini karena darah saat menstrusi masih bercampur oleh keputihan sehingga warna agak menjadi coklat muda. Pada beberapa hari kemudian keputihan akan berubah menjadi lebih benih dan tidak berbau dan tidak juga berbekas. Maka ini adalah tanda keputihan selesai. Keputihan pada wanita biasanya akan belangsung selama 3 hingga 5 hari dan tergantung dengan respon tubuh dari tiap wanita. Karena hormon tubuh tiap wanita berbeda – beda.

  • Keputihan Adalah hal normal

Biasa dikatakan jika keputihan adalah hal normal dan sangat wajar. Tapi hal ini terjadi selama keputihan yang anda alami tidak menimbulkan banyak penyakit dan masalah gangguan kesehatan lainnya. Sebenarnya keputihan juga menandakan meningkatnya masa kesuburan pada diri seseorang. Keputihan yang normal juga memiliki ciri beberapa diantaranya adalah tidak memiliki warna tidak berbau, tidak juga lengket dan dalam jumlah yang banyak. Dan biasanya encer dan tidak meninggalkan bekas pada verlana dalam anda. Anda hanya merasakan lembab namun lama kelamaan akan hilang denggan dirinya. Hal ini tentu saja dikarenkan meningkatnya jumlah hormon estrogen yang melakukan aktivitas mendorong jumlah cairan dari keputihan pada alat kelamin sehingga meningkat dan juga bertambah jika anda melakukan aktivitas yang cukup padat.

  • Warna Cairan Keputihan Berubah

Pada awalnya warna cairan keputihan pada awalnya akan berwarna bening dan juga putih lalu lama kelamaan akan berubah menjadi warna coklat muda hingga akhirnya kehitaman dan hal ini biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 2 hingga 3 hari menjelang anda mengalami menstruasi.

  • Tidak Meninggalkan bekas

Untuk jenis keputihan yang normal biasanya tidak akan meninggalkan bekas pada bagian celana dalam. Tapi pada awalnya akan terasa sedikit agak lembab dan merasa agak tidak nyaman. Namun jika keputihan yang anda alami tidak terasa normal maka biasanya akan meninggalkan bekas bercak – bercak kuning pada bagian celana dalam pada saat keadaan kering.

  • Tidak Terasa Nyeri

Keputihan yang normal biasanya tidak akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian panggul. Dan anda biasanya akan merasa tidak nyaman saja. Hanya saja sebagaian wanita biasanya akan merasa denyutan kecil pada bagian vaginakanya ketikan akan mengeluarkan keputihan. Denyutan ini berarti jika vagina mengalami ereksi.

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai ciri – ciri keputihan pada wanita yang biasanya terjadi dengan normal. Tapi jika ada beberapa ciri diatas yang tidak terjadi pada diri anda maka anda sebaiknya segera melakukan konsultasi dokter karena anda kemungkinan anda mengalami masalah vagina. Setidaknya ini adalah cara untuk mengurangi resiko terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu yang perlu anda jaga adalah untuk tetap menjaga kelembaban dari sekitar area kewanitaan. Sehingga keputihan pada wanita tidak memberikan masalah yang cukup serius pada kesehatan anda.

4 thoughts on “Ciri – ciri keputihan pada wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!