Skip to main content

Cara Mengobati Keputihan Yang Berlebihan Pada Wanita

Cara mengobati keputihan yang berlebihan – Apakah Anda salah satu wanita yang mengalami masalah keputihan yang berlebihan? Pada dasarnya mengalami keputihan merupakan hal yang wajar dan lumrah dialami oleh setiap wanita. Bahkan kondisi ini terbilang sehat karena terdapat kelenjar yang memproduksi cairan di bagian dinding dan leher rahim yang berfungsi untuk menjaga kesehatan miss v. Keputihan yang normal secara umum memiliki warna yang putih transparan dan tidak berbau. Keputihan yang berwarna putih susu juga masih tergolong normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Akan berbeda apabila keputihan yang keluar memiliki warna hijau atau kuning dengan kadar cairan yang sangat banyak, bahkan bisa meningkat drastic saat seorang wanita sedang menyusui, melakukan hubungan suami istri dan sedang dalam masa menstruasi.

Keputihan yang normal tidak dibutuhkan penanganan khusus, dan yang perlu diwaspadai ialah keputihan yang tidak normal dan berbahaya untuk kesehatan rahim wanita. Keputihan yang tidak normal bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi baginosis bacterial, menggunakan antibiotic, akibat terinfeksi penyakit menulas seksual seperti kanker serviks dan klamidia, menggunakan pil kontasepsi, akibat terinfeksi parasit trikomoniasis dan jamur lainnya. terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan secara mandiri untk mengatasi keputihan tidak normal, antara lain:

  • Mengompres area yang kewanitaan menggunakan air dingin, tepatnya area yang mengalami gatal-gatal dan pembengkakan.
  • Mengkonsumsi yogurt juga bisa menjadi antibiotic alami untuk menurunkan risiko terjadinya infeksi jamur di area miss v.
  • Menggunakan pengaman pada saat berhubungan intim setelah melakukan pengobatan keputihan juga sangat dianjurkan agar keputihan sembuh hingga tuntas dan tidak kembali lagi.
  • Apabila keputihan tidak kunjung sembuh hingga seminggu, maka segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tips Menyembuhkan dan Mencegah Keputihan Tidak Normal

Sangat penting untuk mengetahui dan menemukan cara mengobati keputihan yang berlebihan, hal ini tentu saja untuk menghindari segala akibat buruk yang kemungkinan besar akan diakibatkan oleh keputihan abnormal. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sekaligus mencegah keputihan berlebihan yang wajib dilakukan oleh setiap wanita guna menjaga kesehatan organ intimnya. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda:

  • Selalu menjaga kondisi organ intim dalam keadaan kering dan tidak lembab, beberapa cara yang bisa dilakukan ialah seperti menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat, tidak menggunakan stoking, mengenakan celana dalam berbahan katun dan bukan sintetis lebih diutamakan, membuka celana dalam saat tidur dan membersihkan miss v dari depan hingga belakang saat buang air kecil.
  • Pastikan untuk menghindari menggunakan cairan pembersih, karena berisiko tinggi merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur baik yang ada di area tersebut.
  • Hindari  penggunaan parfum atau bedak karena bisa menyebabkan nyeri dan keluarnya cairan keputihan tidak normal
  • Hindari pelembut atau detergen beraroma kuat untuk mencuci pakaian dalam, pembalut beraroma parfum, tisu toilet beraroma, berendam dengan air panas.
  • Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang, mengkonsumsi yogurt dan suplemen lainnya yang mengandung laktosilus, mengganti pembalut secara teratur, mencuci pakaian dalam menggunakana air hangat.

Waspadai Bahaya Keputihan Tidak Normal

Jangan pernah menganggap remeh masalah wanita yang satu ini, keputihan tidak normal yang tidak segera diatasi dan dibiarkan bisa menjadi boomerang dan mengancam kesehatan organ reproduksi dan juga dapat mengganggu keharmonisan hubungan suami istri. Berikut ini beberapa bahaya keputihan tidak normal yang wajib diwaspadai:

  • Biasanya akan merasakan nyeri atau sakit pada saat buang air kecil
  • Akan akan mengalami gangguan pada saat berhubungan suami istri karena lendir yang berperan sebagai lubrikan sangat berlebihan dan membuat tidak nyaman
  • Memicu terjadinya perkembangan infeksi dan semakin memperburuk keadaan. Terlebih pada wanita yang memiki daya tahan tubuh yang lemah
  • Keputihan tidak normal juga menyebabkan infertilitas atau risiko kemandulan. Hal ini dikarenakan infeksi di area miss v telah menyebar ke sistem reproduksi dan mengakibatkan peradangan sekaligus penyumbatan di saluran sistem reproduksi. Sebelum hal mengerikan ini terjadi, segera atasi dengan cara mengobati keputihan yang berlebihan secepatnya.

3 thoughts on “Cara Mengobati Keputihan Yang Berlebihan Pada Wanita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!