Skip to main content

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

Keputihan adalah suatu kondisi normal yang dialami oleh kaum hawa. Banyak wanita yang mengganggap bahwa keputihan adalah suatu masalah yang bisa sangat menganggu. Namun nyatanya, keputihan merupakan kondisi alamiah yang akan dialami oleh setiap wanita dan juga berguna bagi kesehatan dan kebersihan area kewanitaan. Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa bedanya keputihan yang berguna bagi wanita dan juga yang berdampak buruk. lalu adakah cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan?  Pada kesempatan ini, kita akan coba membahas tentang apa itu keputihan dan cara mengobati keputihan secara alami.

Keputihan

Keputihan adalah sistem ekskresi yang terjadi pada vagina dengan ditandai dengan keluarnya cairan atau lendir. Secara umum, keputihan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan normal dan abnormal. Keputihan normal adalah tipe keputihan yang berguna bagi wanita. dikatakan baik dan berguna bagi wanita karena lendir yang keluar dari vagina dan servik ini berguna untuk membersihkan vagina dari sel-sel mati dan juga bakteri yang dapat menginfeksi vagina. Secara normal, wanita akan mengalami keputihan normal setiap bulannya, saat menjelang menstruasi, sesudah menstruasi dan juga selama masa subur.

Keputihan abnormal adalah tipe keputihan yang berdampak buruk pada wanita. Pada keputihan abnormal, lendir yang keluar dari vagina merupakan bentuk infeksi dari bakteri, jamur, virus ataupun parasit. Kebutuhan abnormal ditandai dengan keluarnya lendir yang berwarna kuning kecoklatan disertai dengan sensasi gatal pada vagina. Keputihan abnormal juga ditandai dengan rasa nyeri dan perih, terutama saat buang air kecil.

Cara Alami Untuk Mengobati Keputihan

Setelah mengetahui apa itu keputihan, khususnya perbedaan antara keputihan normal dan abnormal, maka kamu juga harus mengetahui cara mengobati keputihan secara alami.  Mengobati keputihan secara alami berarti kamu tidak harus mengunakan obat ataupun produk-produk yang dijual di pasaran untuk mengatasi masalah keputihan. Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati keputihan abnormal:

1. Menjaga Kebersihan Daerah kewanitaan

Cara alami yang pertama untuk mengobati keputihan adalah dengan menjaga kebersihan area kewanitaan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Cara yang pertama, berkaitan dengan pakain dalam yang kamu pakai. Pakain dalam yang terbaik untuk anda yang mengalami keputihan adalah yang dibuat dari katun. Pakaina dalam yang terbuat dari katun, akan menjaga area vagina tetap kering. Hal ini akan mengatasi dan mengurasi rasa gatal yang disebabkan oleh keputihan.

Cara yang kedua adalah menghindari WC yang kotor. WC yang kotor dapat menjadi sarang sempurna bagi bakteri yang menjadi penyebab keputihan abnormal. Bersihkan dengan rutin WC dirumah agar tidak menjadi sarang bakteri. Setelah buang air besar, jangan membersihkan anus ke arah depan karena bakteri bisa masuk ke vagina dan menyebabkan keputihan. Untuk membersihkan vagina saat keputihan, jangan memakai produk pembersih apapun karena justru akan merusak pH murni dan memperburuk keadaan.

2. Pengobatan Herbal

Pengobatan herbal menjadi pilihan alami untuk mengatasi keputihan abnormal. Pengobatan herbal adalah tipe pengobatan yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi berbagai macam masalah, termasuk juga keputihan abnormal. Ada banyak pengobatan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan abnormal:

  • Fenugreek

Fenugreek merupakan cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan secara cepat. Bijinya dapat mempengaruhi pH, sehingga dapat secara alami mengobati keputihan abnormal. Cara menggunakan biji fenugreek untuk mengobati keputihan adalah dengan merendam sejumlah bijinya di dalam air selama kurang lebih 2×12 jam. Setelah direndam, saring airnya dan tambahkan madu untuk meningkatkan rasa. Minum airnya secara rutin pada pagi hari sebelum makan pagi.

  • Cuka Apel

Cuka apel juga dikenal akan khasiatnya dalam mengobati keputihan abnormal. Cuka apel akan membuat jumlah pH dalam vagina menjadi seimbang. Selain itu cuka apel juga berfungsi untuk memperbanyak bakteri baik di vagina, sehingga dapat melawan bakteri buruk yang menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel kedalam air hangat dan mencampurkan satu sendok makan madu. Minum air tersebut satu kali sehari untuk hasil terbaik.

Itulah cara mengobati keputihan secara alami. Kebersihan area kewanitaan menjadi fokus penting dalam pengobatan keputihan secara alami. Area kewanitaan yang bersih akan terhindar dari bakteri, jamur, virus dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi.

error: Content is protected !!