Skip to main content

Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih

Bagi wanita, masalah keputihan telah menjadi salah satu masalah paling sering yang dialami di area kewanitaan. Faktanya keputihan juga berfungsi untuk menjaga area kewanitaan dari bakteri yang buruk. Namun hal ini akan berubah menjadi masalah ketika kamu mempunyai keputihan yang berlebihan. Keputihan yang berlebih akan menimbulkan berbagai masalah di area kewanitaan yang juga akan menghambat aktifitasmu.  Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas ciri-ciri dan juga cara mengatasi keputihan yang berlebihan.

Ciri-ciri Keputihan berlebihan

Sebenarnya, keputihan adalah kondisi alami yang akan dirasakan oleh setiap wanita. Lendir yang keluar dari vagina berguna untuk mengeluarkan sel-sel mati dan juga bakteri yang tidak baik. Namun, sering terjadi bahwa keputihan yang diamami oleh wanita menjadi berlebihan. Hal ini justru akan menimbulkan beberapa masalah.

Keputihan berlebih biasanya akan ditandai oleh keluarnya lendir yang berlebih dan berwarna tidak normal (kuning kecoklatan). Lendir ini akan menimbulkan rasa gatal dan juga bau yang tidak sedap dari daerah area kewanitaan. Keputihan berlebih yang parah ditandai dengan rasa nyeri ketika buang air kecil. Ini berarti infeksi sudah sampai ke kandung kemih.

Mengetahui sumber keputihan yang berlebih

Langkah pertama untuk mengatasi keputihan yang berlebihan adalah dengan mengetahui sumber masalahnya. Keputihan berlebih atau sering disebut juga keputihan abnormal disebabkan oleh beberapa sumber antara lain adalah bakteri, jamur dan parasit. Maka dari itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui sumber penyebab keputihan yang berlebihan. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara terpadu untuk mengetahui penyebab dari keputihan yang berlebihan tersebut.

Dengan mengetahui sumber masalahnya, maka kamu akan dapat dengan mudah untuk mengatasi masalah keputihan yang berlebih dengan menggunakan pengobatan anti-bakteri, anti-jamur, atau anti-parasit. Penggobatan yang tidak sesuai dengan sumber masalahnya tidak efektif untuk mengatasi keputihan berlebih dan bahkan bisa menyebabkan keputihan semakin parah.

Menjaga Kebersihan Area Vagina

Menjaga kebersihan area vagina juga merupakan cara mengatasi keputihan yang berlebihan. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti dalam menjaga kebersihan organ intim:

  • Setelah buang air kecil atau besar, bersihkan area vagina dan anus dari arah depan kebelakang. Jangan lupa untuk mengeringkan area vagina sebelum memakai celana dalam agar vagina menjad tidak lembab. Membersihkan vagina dari arah belakang ke depan akan menyebabkan bakteri yang terdapat pada sekitar anus masuk ke dinding vagina dan menyebabkan keputihan yang berlebihan.
  • Pakailah pakaian dalam yang berbahan dingin, seperti kantun. Pakain dalam yang berbahan dingin dapat mencegang area vagina menjadi lembab dan basah. Vagina yang lembab dan basah dapat menjadi kondisi yang sempurna bagi bateri untuk berkembang biak. Hindari juga celana yang terlalu ketat. Celana yang longgar dapat membuat sirkulasi udara di area vagina tetap terjaga.
  • Saat kamu mengalami keputihan yang berlebihan, jangan menggunakan cairan pembersih vagina. Penggunaan cara pembersih vagina hanya akan merusak keseimbangn pH alami di area vagina sehingga infeksi bakteri, jamur, dan parasit akan semakin parah.

Gunakan Cara Alami

Dalam mengatasi masalah keputihan berlebih, cara alami menjadi solusi terbaik yang banyak digunakan karena tidak menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuh. Banyak cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan berlebih, salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di alam. Daun sirih menjadi salah satu bahan alami yang banyak dipercaya untuk mengatasi keputihan yang berlebih.

Daun sirih mengandung zat anti bakteri dan jamur yang sangat berguna dalam proses pengobatan masalah keputihan berlebih. Bagi kamu yang ingin menggunakan daun sirih untuk mengobati masalah keputihan berlebih, maka kamu hanya tinggal merebus beberapa helai daun sirih dengan dua gelas air. Minum rebusan air daun sirih itu secara rutin setiap harinya dan kamu akan segera merasakan perbedaannya.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai keputihan berlebih dan juga beberapa cara mengatasi keputihan yang berlebihan. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu yang sedang mengalami masalah keputihan yang berlebihan. Jaga kebersihan serta jaga asupan gizi dan makanan juga dapat mengurangi masalah di area kewanitaan anda tersebut.

5 thoughts on “Cara Mengatasi Keputihan Yang Berlebih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!