Skip to main content

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan saat hamil biasanya membuat para wanita sangat khawatir. Ada beberapa jenis keputihan yang umumnya terjadi pada saat hamil. Keputihan yang dialami wanita saat hamil memang tak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa saja membuat kandungan menjadi terganggu. Lalu apakah yang harus ibu hamil lakukan saat mengalami keputihan saat hamil? Berikut ini informasi untuk anda.

Jenis-jenis Keputihan Saat Hamil

Keputihan umumnya dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Penyebabnya pun beraneka ragam. Berikut ini jenis-jenis keputihan saat hamil yang perlu anda ketahui:

1. Kandidosis Vulvova-ginal

Keputihan jenis ini diakibatkan oleh perkembangan jamur di area vagina akibat aktifitas bakteri Candida Albicans. Umumnya keputihan ini terjadi karena seorang ibu hamil tidak bisa membersihkan vaginanya dengan baik, terlalu sering memakai celana dalam yang sedikit basah atau lembab,  ataupun karena diabetes dan penggunaan antibiotik yang berlebihan. Keputihan ini ditandai dengan banyaknya cairan putih kental yang keluar dari vagina yang juga mengakibatkan gatal dan perih di area vagina. Penderita keputihan ini pun seringkali merasa kesakitan saat sedang kencing. Jika keputihan ini tidak segera ditangani, keputihan ini bisa mengakibatkan kelahiran prematur pada bayi.

2. Vagi-nosis Bakterialis

Keputihan jenis ini disebabkan oleh adanya perubahan ekosistem pada daerah vagina sehingga menyebabkan pengurangan jumlah laktobasili. Gejala yang diakibatkan oleh keputihan ini hampir sama dengan kandidosis vulvova-ginal, dimana keputihan ini bisa membuat area vagina menjadi gatal, dan cairan putih yang keluar sedikit kental juga berbau tajam. Dampak buruk dari keputihan ini pun bisa membuat bayi lahir dalam keadaan prematur. Berat badan bayi pun biasanya sangat rendah dibandingkan bayi prematur lainnya.

3. Trikomonialis

Keputihan jenis ini biasanya disebabkan oleh aktifitas protozoa yang ada dalam kandung kemih. Biasanya potozoa ini ditularkan ketika berhubungan badan. Kondisi yang bisa terjadi adalah iritasi pada vagina dimana vagina terasa panas dan juga gatal. Cairan dari keputihan ini pun terlihat lebih pekat dan berwarna kuning kehijauan. Keputihan jenis ini pun bisa membuat vagina mengalami pendarahan ketika berhubungan intim. Tak hanya berwarna kuning kehijauan, cairan keputihan jenis ini pun disertai dengan buih.

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Sekarang anda sudah tahu jenis-jenis keputihan yang bisa terjadi saat hamil. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi keputihan saat hamil? Berikut ini tips untuk anda:

  • Usahakan untuk buang air kecil ataupun besar di toilet yang bersih. Basuhlah juga area vagina anda dengan menggunakan air yang bersih.
  • Pakailah celana dalam berbahan katun, dan usahakan untuk tidak memakai pakaian dengan bahan sintesis. Juga sangat dianjurkan untuk tidak memakai celana yang terlalu ketat.
  • Gantilah celana dalam anda dengan celana dalam bersih ketika anda sudah merasa celana dalam anda lembab atau basah.
  • Bersihkan vagina dengan cara yang benar dan juga teratur. Usahakan untuk membersihkan area vagina terlebih dahulu, lalu bersihkan area anus. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri dari area anus ke area vagina.
  • Hindarilah makanan yang manis dan juga mengandung kafein.
  • Pastikan area vagina selalu bersih dan juga kering setelah mandi. Gunakanlah handuk yang bersih untuk membersihkannya. Hindari penggunaan tissue yang mengandung wewangian.
  • Hindari penggunaan sabun pembersih di area vagina karena sabun jenis ini bisa membunuh bakteri baik yang ada di area vagina. Sabun seperti ini pun bisa membuat keputihan semakin parah, bukan menyembuhkannya.
  • Hindari penggunakai panty liner. Usahakan jangan terlalu sering memakai panty liner karena panty liner bisa membuat area vagina menjadi lembab, dan itu akhirnya bisa memicu keputihan.
  • Jika anda merasa keputihan anda sulit diatasi, jangan sembarangan membeli obat keputihan yang tepat untuk anda. Usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda untuk mendapatkan obat keputihan yang paling cocok untuk anda.

Itulah jenis-jenis keputihan saat hamil dan cara-cara mengatasinya. Mulai sekarang anda bisa menggunakan tips diatas agar terhindar dari keputihan saat hamil. Dengan menggunakan tips diatas, semoga anda bisa terhindar dari keputihan saat hamil sehingga kandungan anda pun selalu sehat.

2 thoughts on “Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!