Skip to main content

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Tradisional Akibat Jamur

Cara mengatasi keputihan saat hamil secara tradisional – Selama masa kehamilan, pastinya seorang wanita akan sering mengeluarkan lendir atau cairan dari organ kewanitaannya. Sebagian orang beranggapan bahwa keputihan merupakan hal wajar untuk wanita ketika sedang mengalami kehamilan. Tetapi tahukah anda bahwa tidak semua cairan tersebut merupakan hal normal untuk ibu hamil. Ada kalanya keputihan pada ibu hamil harus diwaspadai.

Tips agar dapat terhindar dari keputihan pada wanita

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan supaya keputihan di saat sedang hamil tidak akan berubah menjadi keputihan yang tidak normal yang diakibatkan oleh infeksi.

  • Ketika selesai anda melakukan olahraga, maka sebaiknya segera mengganti baju olahraga tersebut
  • Agar dapat mengurangi terjadinya risiko infeksi, maka tidurlah tanpa memakai celana dalam
  • Agar dapat mengeluarkan bakteri dan racun dalam tubuh, maka konsumsilah cukup air mineral
  • Teraturlah melakukan buang air kecil
  • Agar mencegah terbentuknya bakteri yang dapat berkembang, maka konsumsilah karbohidrat yang kompleks serta mengonsumsi biji-bijian utuh
  • Ketika anda berhubungan seksual, maka gunakanlah kondom
  • Agar dapat merawat kebersihan pada daerah kewanitaan anda, maka hindarilah menggunakan sabun, pembalut dan tisu yang beraroma kuat.
  • Menggunakan pewangi atau penyemprot alat reproduksi wanita perlu anda hindari. Hal ini dikarenakan akan berisiko pada sistem sirkulasi yang menuju pada alat reproduksi wanita akan tertutup. Dengan begitu akan dapat memicu komplikasi serius.

Mengatasi keputihan dengan cara tradisional

1. Menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu ramuan yang alami dengan kandungan minyak terbang. Kegunaan kandungan kavinol adalah mematikan kuman dan di dalamnya juga terdapat kandungan anti jamur dan sumber antioksidan. Untuk itu jangan kaget jika daun sirih sudah sejak lama dipergunakan sebagai masalah keputihan. Cara membuat ramuan yang satu ini cukup mudah untuk anda lakukan di rumah, yaitu siapkan sebanyak 10 lembar daun sirih. Lalu siapkan air sebanyak 2 liter dan masukkan air tersebut ke dalam panci yang digunakan untuk merebus daun sirih. Ketika mendidih, maka air rebusan tersebut didinginkan. Setelah dingin anda dapat langsung membasuhnya di daerah organ kewanitaan anda.

2. Mengonsumsi bawang putih

Tahukah anda bahwa bawang putih bukan hanya dapat dijadikan sebagai bumbu penyedap masakan saja. Tetapi juga dapat berguna untuk membantu anda dalam mengatasi keputihan. Kandungan seperti anti jamur, anti virus, dan sifat anti bakteri yang terdapat dalam bawang putih membantu menghambat perkembangan bakteri jamur, bahkan virus. Bawang putih juga memberikan kekuatan berupa antibakteri.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel serta madu merupakan obat yang begitu efektif dalam melawan keputihan untuk ibu hamil. Kandungan yang terdapat pada cuka apel seperti zat asam dan antioksidan begitu tinggi. Bahkan, cuka sari apel akan dapat membuat bagian kewanitaan menjadi lebih bersih. Dengan begitu tidak akan memancing pertumbuhan bakteri dan jamur. Anda dapat mencoba memasukkan cuka tersebut ke dalam air yang digunakan untuk mandi. Lalu bersihkan pada bagian organ intim menggunakan air tersebut.

4. Kunyit

Kunyit juga dapat dijadikan sebagai salah satu obat dalam mengatasi keputihan yang diakibatkan jamur. Di dalam kunyit terdapat kandungan yang bisa membasmi jamur, menguatkan sistem kekebalan pada tubuh, hingga melawan peradangan. Anda dapat merebus kunyit dengan menggunakan segelas air. Lalu minumlah ramuan tersebut ketika masih hangat. Tetapi untuk ibu hamil jangan terlalu banyak meminum ramuan ini, karena dapat mengganggu kesehatan janin.

5. Akar bayam merah

Ramuan yang satu ini juga dapat melawan infeksi. Bahkan akar bayam juga dapat mematikan berbagai bakteri yang memang terdapat pada bagian intim wanita. Anda dapat mencoba menggunakan akar bayam merah segar tersebut untuk mengatasi keputihan. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu merebusnya dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, saringlah dan ambil airnya saja. Minumlah sehari dua kali. Jika anda mencampurnya dengan daun juga, maka hal tersebut sangat baik juga untuk anda.

Demikianlah paparan mengenai cara mengatasi keputihan saat hamil secara tradisional.

2 thoughts on “Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Tradisional Akibat Jamur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!