Skip to main content

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda Yang Perlu Anda Ketahui

Cara mengatasi keputihan saat hamil muda – Fluor albus atau keputihan adalah sebuah proses keluarnya cairan pada area kewanitaan, yang terbilang abnormal. Biasanya keputihan terjadi pada wanita hamil karena terjadinya perubahan hormon dan aliran darah di area rahim yang mengakibatkan peningkatan proses sekresi di area kewanitaan. Perubahan hormonal tersebut dapat juga mengubah keseimbangan keasaman pada area kewanitaan. Sehingga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur, dan akan berubah menjadi iritasi. Umumnya, sekresi yang terdapat di area kewanitaan normalnya tidak akan menimbulkan rasa gatal. Untuk keputihan yang sudah terinfeksi, biasanya akan disertai dengan nyeri, rasa gatal, kemerahan, dan juga panas. Bahkan sampai mengalami rasa sakit ketika hendak melakukan buang air kecil.

Memang, pada umumnya sebagian ibu hamil yang mengalami keputihan akan sangat khawatir pada kondisi kesehatan sang janin. Keputihan pada masa kehamilan ini dapat dibedakan menjadi dua, yakni keputihan yang normal dan keputihan yang abnormal.

Terjadinya keputihan ketika hamil muda

Jika kondisi keputihan di saat anda sedang hamil muda ini terus anda biarkan, terlebih lagi ketika keputihan tersebut termasuk infeksi jamur, pastinya akan sangat berbahaya untuk kesehatan janin. Bahkan bisa saja berujung pada kelahiran prematur dan dapat menyebabkan keguguran. Tentunya hal yang seperti ini sangat tidak diinginkan oleh para ibu. Maka dari itu, lakukanlah pencegahan mulai sejak dini dalam mencegah keputihan tersebut dari mulai awal masa kehamilan. Langkah yang paling mudah untuk anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan dari organ intim anda.

Nah, jika anda memakai toilet umum, maka selalu perhatikan kondisi airnya sebelum anda menggunakan toilet tersebut. Karena membersihkan organ kewanitaan dengan menggunakan air kotor akan memicu terjadinya jamur yang mana dapat merangsang munculnya keputihan. Apakah normal mengalami keputihan di saat hamil muda ? Sebenarnya, memang keputihan merupakan hal yang normal dan dapat menimpa wanita manapun.

Faktor-faktor penyebab keputihan ketika sedang hamil

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keputihan saat sedang hamil, diantaranya adalah :

  • Faktor kebersihan
  • Faktor psikologis
  • Makanan
  • Konsumsi anti biotik
  • Sangat jarang untuk mengganti celana dalam
  • Jarang mengganti pembalut

Di bawah ini ada beberapa gejala yang dapat anda alami ketika anda mengalami keputihan di saat hamil.

  • Mempunyai bau yang tidak sedap
  • Bau yang tidak sedap
  • Lendir yang keluar lebih lengket
  • Lendir atau cairan berwarna kuning
  • Pada area kewanitaan seperti kemerah-merahan

Mengatasi keputihan untuk ibu yang sedang hamil muda

Ketika anda sedang hamil muda, pastinya menjadi tantangan tersendiri dan banyak timbul berbagai macam masalah. Untuk itu di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil dalam mengatasi keputihan. Diantaranya adalah :

  • Menjaga kebersihan organ intim anda. Bersihkan setiap kali anda selesai untuk buang  air kecil maupun besar.
  • Hindarilah untuk menggunakan sabun mandi dengan sebagian besarnya terdapat kandungan soda. Ketika membersihkannya, maka gunakanlah air kucuran. Anda juga harus menghindari menggunakan air yang telah tertampung dalam bak mandi atau ember.
  • Sebaiknya hindarilah menggunakan pantyliner. Hal ini dikarenakan bahan kapas pantyliner dapat menyebabkan bakteri untuk berkembang biak dengan begitu mudah.
  • Kurangilah untuk mengonsumsi makanan siap saji atau junkfood ataupun makanan yang banyak mengandung bahan pengawet maupun gula cukup tinggi, hingga jenis makanan dengan kandungan ragi. Hal ini perlu untuk anda hindari. Gula yang cukup tinggi dapat menimbulkan keputihan. Maka dari itu untuk para ibu hamil perlu untuk menghentikan makanan terlalu manis agar keputihan tidak menjangkit daerah kewanitaan anda. Makanan dengan kandungan ragi seperti roti, pasta, jamur, dan keju dapat menyebabkan terjadinya keputihan ketika sedang hamil. Maka sebaiknya anda meninggalkan makanan ini. Beralihlah pada makanan yang sehat seperti sayuran dan buah.
  • Pakailah pakaian yang longgar, agar pada area kewanitaan tidak tertekan.

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Itulah beberapa paparan tentang cara mengatasi keputihan saat hamil muda.

One thought on “Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda Yang Perlu Anda Ketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open

KEPUTIHAN, GATAL DAN BAU PADA MISS. V ANDA?...    Klik Disini Solusinya!...

error: Content is protected !!