Skip to main content

Berikut Ini Cara Menghilangkan Keputihan Dengan Daun Sirih

Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih – Pada zaman dahulu, bahkan mungkin ada hingga sekarang, daun sirih merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk rengginang (bahasa Jawa) atau sejenis kegiatan yang mencampur kapur sirih (atau sejenisnya) dengan buah pinang serta dibungkus dengan daun sirih dan dikunyah (biasanya setelah dikunyah akan berubah menjadi warna merah kecokelatan). Dimana kegiatan ini paling sering dilakukan oleh orang tua, bahkan anak muda pun kemungkinan masih memegang adat istiadat ini pada beberapa suku di Indonesia.

Memang daun sirih sangat bermanfaat untuk menguatkan gigi dan gusi serta mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri pada mulut kita. Namun selain itu, ternyata daun sirih juga menyimpan manfaat besar yang tersembunyi, yakni mampu mengobati keputihan lho. Mau tahu informasi selengkapnya? Berikut ini cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih. Simak baik-baik ya.

Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih

Sebelum mengetahui cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja ya yang ada pada daun sirih ini. Kandungan minyak atsiri pada daun sirih ini mengandung beltephenol, seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak serta kavikol yang memiliki sifat anti bakteri, anti oksidan serta fungisida atau anti jamur. Oleh karena itu, daun sirih sebetulnya banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Misalnya menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh bakteri atau jamur penyebab bau badan. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk menahan pendarahan (misalnya pada mimisan serta mencegah masuknya bakteri ketika timbulnya pendarahan tersebut), menyembuhkan luka pada kulit, serta mengatasi gangguan pencernaan. Selain untuk penggunaan luar, daun sirih juga bermanfaat untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, serta menghentikan perdarahan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih? Kamu bisa menggunakan ramuan daun sirih sebagai pembasuh atau pembersih dari luar. Yakni caranya cuci bersih daun sirih (bisa ambil yang muda atau yang tua) lalu remas-remas tapi jangan sampai hancur, dan rebus dalam 1 liter air. Rebus hingga mendidih, dan diamkan sampai hangat atau dingin. Lalu gunakan ramuan air rebusan daun sirih tersebut membasuh bagian organ kewanitaan kamu. Gunakan ramuan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengobati Keputihan Dari Dalam

Kamu juga bisa mengombinasikan pengobatan dari dalam dan dari luar untuk mengatasi masalah keputihan kamu. Ramuan untuk bagian luar kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih tersebut, selain itu, untuk mengatasi dari dalam, kamu bisa mengonsumsi ramuan kunyit dan madu. Caranya cukup mudah, yakni sediakan secukupnya kunyit (kurang lebih 2 ruas) dan madu (bisa juga diganti dengan gula aren) lalu rebus dalam 1 liter air. Konsumsi ramuan ini secara teratur maksimal 1 gelas per hari.

Dalam mengatasi masalah keputihan, kamu tidak hanya bisa mengandalkan cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih atau menggunakan ramuan kunyit dan madu saja ya. Kamu juga harus bisa melakukan tindakan perbaikan perilaku tidak sehat kamu, misalnya jarang mengganti pakaian dalam serta semua perilaku yang malah membuat bakteri dan jamur semakin tumbuh subur di daerah kewanitaan kamu.

Cara Pencegahan Keputihan

  • Hindari Celana Yang Terlalu Ketat

Celana yang sangat ketat dan terbuat dari bahan jeans akan semakin membuat sirkulasi udara di organ kewanitaan kamu memburuk (lembab) sehingga bakteri dan jamur semakin tumbuh subur. Oleh karena itu, disarankan bagi kamu untuk menggunakan celana yang longgar atau bisa juga menggunakan rok. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan celana dalam yang mudah menyerap cairan atau keringat. Kamu bisa memilih celana dalam yang terbuah dari katun.

  • Kurangi Makanan Manis

Makanan manis selain berdampak buruk terhadap kesehatan metabolisme, juga berdampak buruk terhadap kesuburan bakteri jahat yang ada di organ kewanitaan kamu karena makanan manis akan semakin memicu bakteri jahat untuk tumbuh subur. Selain menghindari makanan manis, kamu juga bisa menghindari stress karena dengan pola pikir dan kondisi tubuh anda yang terlalu stress dan capek, maka sistem imunitas di dalam tubuh kam akan menurun dan menyebabkan bakteri atau jamur semakin mudah untuk berkembang.

Nah, berikut informasi terkait dengan cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih. Karena ini menggunakan bahan alami, jadi kamu harus sabar dan telaten ya. Sehat selalu.

error: Content is protected !!