Skip to main content

Apakah Keputihan Pada Masa Subur Itu Normal?

Sering kita temukan dirubrik pembaca atau forum tanya jawab dokter orang bertanya, apakah keluar keputihan pada ordan kewanitaan masa subur itu normal? – Keputihan atau flour albus merupakan suatu cairan yang  keluar dari vagina secara berlebihan. Keputihan ini bisa bersifat normal (fisiologis) ataupun bersifat berbahaya yang dapat memicu penyakit atau lebih dikenal dengan patologis. Pada umumnya keputihan bisa terjadi pada setiap wanita dan tidak mengenal batasan usia, baik yang berusia muda maupun tua bisa terkena keputihan. Keputihan memang menjadi salah satu masalah yang sejak lama dipersoalkan oleh setiap kaum wanita.

Selain itu, masih ada beberapa wanita yang belum mengetahui apa itu keputihan dan mengganggap jika keputihan tersebut merupakan persoalan yang enteng. Padahal keputihan ini tidak bisa anda anggap remeh karena jika keputihan terjadi dalam waktu yang lama maka dapat berakibat cukup fatal jika tidak segera ditangani. Keputihan yang berlebihan ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan si penderitanya mengalami kemandulan dan juga hamil di luar kandungan. Selain itu, keputihan juga menjadi salah satu gejala awal dari penyakit kanker leher rahim yang sangat membahayakan karena bisa berujung kematian bagi penderitanya.

Perlu anda ketahui, sebaiknya keputihan ini langsung diobati sejak gejalanya timbul. Karena apabila keputihan sudah memasuki tahap kronis dan berlangsung lama maka akan sangat sulit untuk diobati. Ditambah lagi jika keadaan sudah semakin parah dapat masuk ke dalam rongga rahim lalu masuk ke saluran indung telur hingga akhirnya masuk ke dalam rongga panggul. Tak jarang ada sebagian wanita yang mengalami keputihan yang bersifat kronis tidak bisa hamil dan bahkan bisa menyebabkannya mengalami kematian. Kematian ini dapat terjadi ketika si penderita hamil di luar kandungan dan akhirnya menyebabkan pendarahan. Maka dari itu, anda jangan sampai terlambat untuk mengetahui apa saja yang dapat menjadi pemicu keputihan timbul.

Mengenal Lebih Dekat Mengenai  jenis-jenis Keputihan

Berikut ini ada dua jenis keputihan yang harus anda ketahui agar bisa membedakan yang mana keputihan normal dan keputihan penyakit yang dapat membahayakan penderitanya :

1. Keputihan fisiologis

Bagi anda yang bertanya-tanya tentang keputihan pada masa subur normalkah, maka anda perlu mengenal lebih jauh mengenai keputihan fisiologis. Karena pada dasarnya keputihan fisiologis ini merupakan salah satu keputihan yang umumnya dialami oleh setiap wanita. Umumnya keputihan fisiologis biasanya terjadi pada masa subur sesudah dan sebelum masa menstruasi. Perlu anda ketahui, terkadang jika ada lendir yang berlebihan itu juga termasuk normal. Namun perlu anda ingat jika keputihan fisiologis ini tidak akan menyebabkan area kewanitaan mengalami gatal dan berbau. Ciri-ciri keputihan normal atau fisiologis ialah lendirnya lebih bening, tidak berbau serta tidak akan menimbulkan gatal pada area kewanitaan.

2. Keputihan patologis

Keputihan patologis merupakan keputihan yang disebabkan oleh infeksi pada area vagina, keganasan kanker leher rahim dan juga karena adanya benda asing yang berada dalam vagina (seperti adanya kondom yang tertinggal saat berhubungan intim). Infeksi pada bagian vagina ini biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur ataupun protozoa. Umumnya keputihan patologis ini mempunyai ciri-ciri yakni lendirnya berwarna putih seperti kepala susu ataupun hijau kekuning-kuningan, kecoklatan dan bahkan bisa bercampur dengan darah. Apabila keputihan sudah bercampur dengan darah maka keputihan ini sudah menjadi penyakit dan akan menimbulkan rasa yang gatal pada area vagina, timbulnya bau serta rasa tidak nyaman pada bagian vagina.

Cara Mencegah Keputihan

Berikut ini ada beberapa cara mencegah keputihan, yaitu :

  • Selalu menjaga kebersihan area vagina
  • Membersihkan ataupun membilas bagian vagina dengan metode yang benar dan baik
  • Selalu berhati-hati dalam memakai sarana toilet umum
  • Hindari penggunaan handuk yang tukar menukar
  • Hindari berhubungan intim dengan pasangan yang gonta-ganti
  • Jangan pernah suka menukar celana dalam

Selalu menjalani pola hidup sehat : olahraga rutin, cukup tidur dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi dan protein yang seimbang

Demikianlah, semoga apa yang sudah diulas di atas dapat menambah wawasan dan juga membantu memberikan jawaban atas keraguan anda yang masih bertanya-tanya mengenai keputihan pada masa subur normalkan.

2 thoughts on “Apakah Keputihan Pada Masa Subur Itu Normal?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!