Skip to main content

7 Cara Mengatasi Keputihan Yang Gatal dan Bau Secara Tepat

Keputihan memang hal biasa terjadi pada wanita, namun jika keputihan terasa gatal dan bau, maka Anda perlu mencari tahu cara mengatasi keputihan yang gatal dan bau secara tepat. Ulasan ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi penyakit keputihan yang bisa terjadi pada wanita ini secara tepat, simple dan pastinya efektif.

Keputihan sendiri adalah cairan yang keluar dari organ intim wanita, sedangkan jika cairan tersebut berbau dan menimbulkan rasa gatal, artinya cairan tersebut terkena virus atau bakteri. Kondisi seperti ini, tentunya harus diatasi dengan segera, caranya adalah :

1. Menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi keputihan yang gatal dan bau adalah dengan menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar yang digunakan. Usahakan agar Anda menggunakan pakaian dari bahan katun. Bahan yang satu ini mudah menyerap keringat, dan mempunyai sirkulasi udara yang baik, sehingga organ intim tidak terlalu lemab.

2. Mencuci vagina hingga bersih

Hal berikutnya adalah mencuci organ intim dengan baik. Anda dapat mencuci menggunakan cairan pembersih organ intim atau tidak. Ketika Anda menggunakan cairan pembersih, pastikan bahan tersebut mempunyai hp murnni, sehingga bakteri baik tidak mati. Atau Anda dapat membuat sendiri cairan pembersih organ kewanitaan dengan menggunakan rendaman daun sirih, dan membasuh organ kewanitaan menggunakan cairan tersebut secara rutin. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika menggunakan cairan pembersih sendiri dari daun sirih, yaitu, organ intim jadi lebih bersih, lebih kesat, dan pastinya bebas berbagai macam penyakit.

3. Menggunakan cuka sari apel

Cara mengatasi keputihan yang gatal dan bau lainnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel.  Dengan mengkonsumsi cairan ini, sedikit banyak membantu meningkatkan keseimbangan ph yang ada di organ intim. Cairan cuka sari apel ini dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di vagina, serta mengurangi bau tidak sedap akibat dari infeksi jamur. Adapun cara mengkonsumsi cuka sari apel adalah dengan mencampurkan cuka apel murni dengan segelas air hangat. Tambahkan madu secukupnya, kemudian konsumsi secara rutin, 1 kali dalam sehari.

4. Mengkonsumsi pisang

Mengkonsumsi pisang setiap hari juga ternyata mampu mengatasi penyakit keputihan yang gatal dan juga bau. Kandungan dalam pisang ternyata mampu menyeimbangkan aneka hormon di dalam tubuh, ini yang membuat keputihan jadi teratasi dengan baik.

Caranya cukup mudah, Anda dapat mengkonsumsi pisang secara rutin, setiap hari. Selain membantu system pencernaan berjalan dengan baik, membantu kinerja jantung bergerak dengan baik, penyakit keputihan pun akan hilang secara perlahan namun pasti.

5. Jus basil dan susu

Mengkonsumsi secara rutin jus basil dan susu juga terbukti ampuh mengatasi keputihan. Basil sendiri adalah tanaman yang mengandung beberapa senyawa efektif, dan dapat mengendalikan kondisi ph dalam tubuh. Mengkonsumsi basil menjelang menstruasi, dipercaya dapat menyeimbangkan ph yang terkadang tidak seimbang dalam tubuh.

Cara mengkonsumsi daun basil ini tidak sulit, cukup haluskan beberapa lembar daun bsil yang sebelumnya sudah dicuci bersih, kemudian campurkan dengan 1 gelas susu rendah lemah yang masih hangat. Konsumsi minuman tersebut secara rutin setiap hari, selama 2 minggu.

6. Mengkonsumsi jahe hangat

Anda tentu tahu rimpang yang bernama jahe. Tanaman yang satu ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya penyakit keputihan. Beberapa kandungan seperti antioksidan, dll, terbukti ampuh mengatasi berbagai infeksi dan hal negatif lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Secara tidak langsung kondisi ini membantu mengatasi keputihan di tubuh Anda.

Teknik mengatasi keputihan menggunakan jahe hangat ini adalah dengan mencuci sekitar 2 ibu jari jahe, kupas, lalu cuci hingga bersih. Parut jahe tersebut, dan rebus bersama 2 gelas air, biarkan hingga tersisa 1 gelas, angkat, saring, dan tambahkan madu. Konsumsi minuman ini secara rutin, selain dapat menghangatkan tubuh, penyakit keputihan akan hilang secara perlahan.

7. Menghindari kafein

Ketika Anda memiliki keputihan berlebih, sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein secara berlebih. Mengkonsumsi kafein ternyata menyebabkan perubahan pada hormon tubuh, terutama estrogen. Ketika kadar estrogen menurun, maka kondisi ph dalam vagina juga menurun, ini yang menyebabkan keputihan berlebih. Untuk itu, salah satu cara mengatasi keputihan yang gatal dan bau adalah dengan mengurangi atau bahkan menghindari kafein.

4 thoughts on “7 Cara Mengatasi Keputihan Yang Gatal dan Bau Secara Tepat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!