Skip to main content

5 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara mengatasi keputihan secara alami – Pada awalnya mungkin beberapa orang menganggap keputihan adalah hal yang sangat normal terjadi pada wanita, namun jika masalah keputihan ini berlangsung secara lebih sering dan terus menerus dan mengerluarkan banyak cairan di banyak organ intim. Dan ini sangat memungkinkan anda mengalami masalah keputihan yang abnormal dan menuju berbahaya. Dan bisa jadi keputihan ini dikarenakan oleh virus dan bakteri yang mana berkembang pada daerah kewanitaan karena kurangnya anda menjaga kebersihan.

Walaupun keputihan di indikasikan sebagai salah satu masalah karena anda terlalu lelah dan mengalami keseimbangan hormon yang tidak baik tapi anda harus tetap waspada karena bisa menyebabkan penyakit kronis yang lainnya. Stress yang berlebihan biasanya akan menjadi salah satu faktor dominan anda mengalami keputihan, hanya saja ada beberapa faktor lain yang juga memicu keputihan. Dan karena itu, sangat penting untuk anda sebagai wanita bagaimana cara mengatasi keputihan secara alami.

Dan untuk itu berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan secara alami  yang bisa anda lakukan diantaranya adalah :

1. Memanfaatkan kunyit Sebagai cara mengatasi keputihan secara alami 

Kunyit biasanya banyak digunakan sebagai bahan dalam bumbu masakan. Namun ternyata kunyit juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah keputihan untuk wanita. Karena kunyit sendiri mempunyai kandungan yang berupa zat antibateri yang juga bisa anda gunakan mengatasi  masalah keputihan dengan lebih maksimal.

2. Memanfaatkan bawang putih sebagai cara mengatasi keputihan secara alami

Cara lain yang bisa anda bisa lakukan untuk cara mengatasi keputihan secara alami   adalah dengan bahan alami dari bawang putih. Mungkin tak banyak juga orang yang menyangka jika bawang putih memiliki khasiat yang sangat baik dalam hal mengatasi masalah keputihan pada bagian organ vagina selain hanya digunakan sebagai bahan utama untuk beberapa masakan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan baik di dalam bawang putih yang memiliki sifat anti jamur dan juga anti virus, sehingga sangat mampu mengatasi masalah keputihan sekaligusjuga bisa mengobati jika sudah terjadi masalah keputihan.

Selain itu, untuk mereka yang menggunakan bawang putih ini dengan cara yang rutin maka anda bisa menghambat  bakteri yang mungkin akan masuk ke daerah kewanitaan anda. Dan setidaknya jika anda sangat sering mengkonsumsi bawang dalam jumlah yang cukup banyak maka bisa jadi anda bisa terhindar dari masalah kesehatan dan masalah keputihan yang paling banyak dialami oleh wanita.

3. Memanfaatkan daun sirih sebagai cara mengatasi keputihan secara alami 

Selama ini mungkin ada banyak orang yang menggunakan daun sirih hanya digunakan untuk kinang dan digunakan pada nenek – nenek. Namun sebenarnya bahkan sejak jaman dulu, daun sirih banyak digunakan untuk mengobati masalah keputihan. Hal ini karena ada banyak sekali kandungan yang terdapat dalam daun sirih yang sangat bermanfaat untuk mengatasi keputihan. Beberapa kandungan itu adalah seperti sifat antijamur dan antibakterinya yang sangat mampu dalam mengobati masalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur di area dair kewanitaan anda.

Untuk proses mengelolanya juga sangat murah, anda hanya perlu untuk merebus segenggam daun sirih. Lalu anda bisa menunggu hingga masa merebusnya hingga mendidih. Selanjutnya anda bisa menggunakannya untuk membersihkan vagina anda. Anda bisa menggunakannya dengan cara yang rutin sebagai cara untuk menghilangkan gatal yang berlebihan dan bau pada bagian organ intim di area kewanitaan anda.

4. Memanfaatkan daun sambiloto

Dan mungkin selama ini tak ada yang juga menyangka, jika keberadaan dari daun sambiloto menjadi sangat bermanfaat sebagai cara mengatasi keputihan secara alami selain selama ini digunakan untuk mencegah masalah peradangan. Selain itu, jenis dari daun sambiloto ini juga banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam pada anak – anak karena kandungannya mampu menurunkan panas. Untuk proses pembuatannya, maka anda hanya cukup untuk cobalah memotong batang dari daun sambiloto, kemudian setelahnya anda bisa merebusnya dengan menggunakan segelas air ke dalam panci yang sudah mendidih. Lalu anda bisa mengkonsumsi air dari rebusan ini dengan cara yang teratur. Dengan cara mengatasi keputihan secara alami   ini maka masalah keputihan anda akan terselamatkan. Ada baiknya lagii jika anda menambahkan madu murni didalamnya.

5. Memanfaatkan Buah Manjakani

Selain berguna untuk mengencangkan dan merapatkan otot organ intim wanita ternyata buah manjakani ini juga bisa dijadikan alternatif sebagai bahan alami untuk mengatasi keputihan caranya yaitu dengan menghaluskannya lalu dicampur dengan sedikit air hangat kemudian mengoleskannya disekitar daerah miss v anda. Kemudian setiap pagi dan malam bisa menggunakan air campuran buah manjakani ini untuk membasuh atau cebok, penggunaan secara rutin mampu mengurangi cairan keputihan pada organ itu wanita.

2 thoughts on “5 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!